Kawatu Ikuti Peringatan Harteknas ke-26, Ini Pesan Jokowi

Asisten III Asiano Gammy Kawatu bersama sejumlah pejabat mengikuti Harteknas secara virtual
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Asisten III Asiano Gammy Kawatu bersama Kepala Dinas Kominfo Sulut dan Kaban Litbang mengikuti vidio conference Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) di ruang Command Center kantor Gubernur, Selasa (10/8/2021).

Acara yang dilaksanakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu, dihadiri Presiden Joko widodo (Jokowi) didampingi wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi, menyampaikan bahwa Harteknas ke-26 menjadi momentum reformasi struktural untuk membangun Indonesia ke depan.

“Kunci pembangunan itu ada pada pengembangan teknologi dan salah satu pilarnya adalah hilirisasi industri dalam negeri” katanya.

Menurut Presiden Jokowi, saat ini Indonesia tidak boleh sekadar memanfaatkan sumber daya alam tapi harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan nilai tambah dan peluang kerja melalui pengembangan industri yang dihilirisasi.

“Sebagai contoh pertambangan nikel. Kita punya tambang nikel tapi tidak boleh berhenti di situ saja. Kita harus mengembangkan industri hilir seperti litium baterai sampai produksi mobil listriknya. Semakin banyak rantai pasok yang diproduksi di dalam negeri, semakin besar pula nilai tambahnya bagi masyarakat bangsa dan negara,” ungkapnya.

Selain itu juga, Presiden Jokowi menegaskan, jika pengembangan teknologi telah memiliki arah yang jelas, yakni green economy. Produk yang dihasilkan harus berbasis ramah lingkungan dan begitu juga dengan ekonomi digital.

Jokowi menyebut pemerintah terus meningkatkan akses Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke pembiayaan, serta melakukan rescaling dan upscaling UMKM.

“Tetapi ini tidak cukup, kenaikan kelas UMKM harus di semua sektor termasuk sektor pertanian. Oleh karena itu momentum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini harus dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan teknologi nasional,” tukas Kepala Negara.

Turut hadir Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati/ Walikota se-Indonesia.(srv)

banner 300x250