Saelangi : Pendafataran Bakal Calon Harus Sesuai Protap Kesehatan Covid-19

0
74
Salman Saelangi

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyelenggarakan media gathering bersama pers, Kamis (3/9/2020).

Pada kesempatan ini, Anggota Komisioner KPU Sulut yang juga sebagai Kepala Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM, Salman Saelangi SKel menjelaskan tentang berbagai tahapan pendaftaran yang secara efektif akan dimulai pada tanggal 4/9/2020 sampai 6/9/2020, dengan mengacu protap kesehatan Covid-19.

Menurutnya, pelaksanaan pendaftaran yang dilaksanakan di tengah pandemi, bakal diperketat. Dalam artian, akan ada pembatasan jumlah orang yang akan masuk dalam mendampingi pasangan masing-masing bakal calon maupun pers akan dibatasi. Dengan demikian tidak ada iring-iringan partai poIitik atau pengantar pasangan calon yang akan mendaftar.

“Saat pendaftaran besok akan ada pembatasan jumlah orang yang akan masuk, baik itu yang akan mendampingi masing-masing bakal pasangan calon maupun pers yang akan masuk untuk melakukan peliputan. Kami sangat menghargai kebebasan pers tapi karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19 jadi tetap harus menaati protokol kesehatan,” jelas Saelangi dalam media gathering yang diprakarsai KPU yang melibatkan insan pers.

Agenda kegiatan KPU yang mengangkat tema “Peran Pers dalam Menciptakan Demokrasi Berkeadilan Sulawesi Utara 2020” ini, Saelangi kembali menjelaskan bahwa dalam pendaftaran yang akan dilaksanakan selama 3 hari ini, semua pasangan bakal calon harus menyertakan hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) SWAB yang hasilnya negatif (Bebas Covid)

“Sesuai peraturan PKPU 10 tahun 2020 sudah diatur terkait bakal calon yang akan mendaftar harus menyertakan hasil PCR SWAB. Jika kemudian dia positif maka dia diberikan kesempatan untuk melakukan proses pendaftaran secara daring namun jika hasilnya negatif maka dia bisa mendaftar secara langsung.” tutup Saelangi.

Sejumlah narasumber dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulut, Komisi Informasi (KI) Sulut dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here