Di Serbia, Dondokambey Temukan Soekarno Banggakan Pancasila pada Bros Tito

0
159
Josip Bros Tito menyambut Presiden Soekarno saat berkunjung ke Yugoslavia tahun 1960.

Airmadidi, Sulutreview.com –
Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dikenal selalu membanggakan ideologi Pancasila sebagai pemersatu rakyat Indonesia kepada mancanegara.
Hal ini juga diakui Pjs. Bupati Clay Dondokambey SSTP MAP. Diceritakan orang nomor satu di Minahasa Utara ini, dalam kunjungan ke Serbia beberapa waktu lalu dirinya melihat ada dokumen surat antara Sang Proklamator dengan pemimpin Yugoslavia Josip Bros Tito. “Mereka berdua bersahabat erat. Dalam surat tersebut, keduanya membanggakan negara masing-masing. Soekarno membanggakan Pancasila sebagai pemersatu bangsa,” ujar Dondokambey, Selasa (27/10/2020), di kantor DPRD Minut usai rapat paripurna penandatanganan KUA-PPAS APBD 2021.

Clay Dondokambey (baris kedua, kedua dari kiri) bersama rombongan Gubernur Sulut di Serbia tahun 2016. (Foto: ist)

Ternyata berkat ideologi Pancasila, lanjutnya, Indonesia tetap bersatu dan berdiri hingga kini. Sementara Yugoslavia bubar pada tahun 1992 dan terpecah menjadi negara Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Kosovo, Makedonia, Montenegro, Serbia dan Slovenia. “Apa yang terjadi di wilayah Balkan itu menjadi pelajaran berharga bagi pemuda di Indonesia agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Pjs. bupati.(art)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here