Tingkatkan Kualitas Pendidikan, BI Provinsi Sulut Salurkan Beasiswa

Manado, SULUTREVIEW – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan beasiswa kepada 3 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Bumi Nyiur Melambai, yakni Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Universitas Negeri Manado (Unima) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

Sasaran beasiswa yang ditujukan bagi putra-putri terbaik di lingkup PTN ini, diawali dengan prosesi Penandatanganan Memorandum of Understanding Program Kerja Sama Beasiswa Bank Indonesia dan Pelantikan Generasi Baru Indonesia Provinsi Sulut.

Dalam sambutan, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulut, Soekowardojo mengatakan BI adalah
lembaga negara yang tidak mencari keuntungan, namun memiliki keinginan untuk mewujudkan peningkatan prestasi generasi muda.

“BI akan terus mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, yang adalah poros masa depan dan kelangsungan pembangunan bangsa,” ungkap Soekowardojo di aula BI Provinsi Sulut, Selasa (17/4/2018).

Lebih jauh, kata Soekowardojo, PTN yang mendapat beasiswa akan mendapatkan nilai tambah. Sekaligus juga sebagai kebanggaan. Karena perguruan tinggi dipercaya oleh pihak-pihak pemberi beasiswa yang melihat kualitas perguruan tinggi. Baik dari sisi dosen maupun mahasiwa.

“Pemberian beasiswa akan mendorong prestasi mahasiswa. Karena dilirik badan usaha atau institusi lainnya,” tukasnya sembari menambahkan BI juga mendukung pengembangan diri mahasiswa, supaya berwawasan luas, solutif serta mampu mengasah diri melalui Genbi sejak 3 tahun lalu.

“Genbi menjadi ujung tombak dari program BI, khususnya di lingkungan civitas akademika,” tandasnya.

Masih kata Soekowardojo, nominal beasiswa yang diberikan BI memang tidak terlalu besar, tetapi dibanding institusi lain, berada di level menengah.

“Jumlah beasiswa tahun ini mungkin tidak sebesar. Tetapi ada kenaikan dari Rp750 ribu menjadi Rp 1 juta per bulan. Dan ini diberikan melalui tahapan seleksi. Di mana yang menjadi prioritas adalah mahasiswa berprestasi namun secara ekonomi kurang beruntung,” sebutnya.

Sementara itu, Perwakilan Rektor IAIN, Dr Evra Willyah MAg sebagai Wakil Rektor IIII, AIN Manado mengatakan pemberian beasiswa
dijadikan sebagai kesempatan untuk meningkatkan prestasi akademik.

“Dengan beasiswa, raihlah sukses di masa depan. Jangan kecewakan BI yang sudah memberikan beasiswa. Kami juga berharap tahun mendatang ada penambahan quota. Artinya kalau sekarang 50 mahasiswa ke depan dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Senada disampaikan Prof Hengky J Kiroh MS, yang menyampaikan banyak terima kasih kepada BI yang telah ikut memajukan pendidikan generasi muda, sebagai generasi harapan bangsa yang dipersiapkan untuk memimpin bangsa ini.

Hal yang sama juga diungkapkan
Pembantu Rektor (PR) 3 Bidang Kemahasiswaan Unima, Dr Siska Kairupan MSi, bahwa beasiswa BI merupakan sarana tepat untuk mendorong peningkatan kualitas lulusan.

Turut hadir, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulawesi Utara MHA Ridwan PhD.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.