Devi Tanos Lantik Qhezia Tuuk Pimpin Yayasan Jantung Bolmong

Dr Kartika Devi Tanos menyerahkan petaka kepada Qhezia Tuuk
IMG-20210818-WA0009

Bolmong, Sulutreview.com – Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Bolaang Mongondow (Bolmong) periode 
2021-2026 resmi diketuai Nona Qhezia Qren Tuuk.

Prosesi pelantikan dilakukan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Provinsi Sulut dr Kartika Devi – Kandouw Tanos MARS, Kamis (30/9/2021) melantik

Bacaan Lainnya

Sebelum proses pelantikan digelar, Sekretaris YJI Sulut dr Felicia Kalesaran membacakan Surat Keputusan (SK) bernomor 05/SK/9/2021 tentang pengesahan pembentukan susunan pengurus YJI Kabupaten Bolmong masa bhakti 2021-2026.

Dalam arahannya Ketua Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Sulawesi Utara, dr Devi sapaan akrabnya menyampaikan tentunya merupakan suatu hal yang sangat membagakan untuk saya pribadi dan jajaran pengurus YJI Sulut untuk bisa hadir disini.

“Karena memang pelantikan YJI Bolmong ini sudah di dengung – dengungkan jauh hari. Cuman baru bisa terlaksana hari ini,” kata dr Devi.

dr Devi mengungkap sejarah terbentuknya YJI, sejak tahun 1974 dengan nama YJI Dewi Sartika. Selanjutnya tahun 1978 YJI Dewi Sartika masuk dalam anggota organisasi jantung sedunia.

Pada tahun 1981 YJI Dewi Sartika berubah namanya yakni yayasan jantung indonesia (YJI) dan sampai saat kita kita gunakan berkantor di pusat Jakarta. Dan untuk YJI ini sudah ada beberapa cabang di provinsi dan kabupaten/kota.

Dikatakannya, paling tidak ada lima faktor yang bisa menjadi pedoman tentang bagaimana merawat kesehatan jantung sejak dini. Yayasan Jantung Indonesia menyebutnya sebagai panca usaha sehat.

“Seimbangkan gizi, enyahkan rokok, hadapi stres, atasi tekanan darah, dan teratur berolahraga. Ini yang harus kita dengung-dengungkan kepada masyarakat untuk hidup sehat,” katanya.

Terbentuknya organisasi Yayasan Jantung Indonesia di Kabupaten Bolmong ini, diharapkan bisa berkolaborasi dengan dinas yang terkait dan stakeholder terkait agar kegiatan dapat selaras berjalan dengan baik.

Isteri tercinta Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw itu pun menegaskan, bahwa tindakan preventif klinik jantung sehat dan klinik jantung remaja akan dimaksimalkan.

“Selain itu, memberikan bantuan biaya operasi bagi anak-anak yang menderita kelainan penyakit jantung dari keluarga yang tidak mampu. Jaga jantung karena jantung selalu berdetak detik demi detik. Untuk itu saya mengingatkan untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat,” ujar dr Devi.

Sementara itu, Ketua terpilih Yayasan Jantung Indonesia Cabang Bolmong Nona Qhezia Qre mengucapkan terima kasih atas dukungan juga kepercayaan Cabang Utama sulawesi utara Ibu dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos yang memberikan kesempatan untuk mengemban tugas sebagai Ketua Pengurus  Cabang Yayasan Jantung Indonesia Cabang Bolmong yang mungkin tidaklah ringan dan bisa dikatakan sangat berat.

“Walaupun saya masih muda namun saya percaya dengan adanya dorongan, motivasi serta kerjasama yang baik dengan seluruh pengurus YJI Sulut dan pengurus YJI  Bolmong  pasti saya yakin akan berjalan dengan baik,” kata dia.

Dirinya pun mengajak kepada seluruh pengurus yang baru saja dilantik agar bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan fungsi kepengurusan sesuai dengan visi Yayasan Jantung Indonesia yakni sebagai pelopor gaya hidup sehat.

“Semoga seluruh pengurus dapat bekerja dengan ikhlas dan penuh semangat demi mencapai misi organisasi tetap menjadi mitra strategis,” pintahnya.

Diketahui Proses Pelantikan Pengurus YJI kabupaten Bolmong tersebut menerapkan protokol kesehatan covid 19 yang ada sesuai anjuran dari pemerintah pusat.

Hadir dalam pelantikan YJI Bolmong, Ketua TP-PKK Bolmong Ny. Lesly Tuuk-Kaligis, Kadispora Bolmong, I Wayan Mudiyasa, Kadis P3A Bolmong, Farida Modutu, sejumlah pengurus YJI Sulut, dan para pengurus YJI Kabupaten Bolmong yang baru dilantik.(srv)

banner 300x250