Sebagian Sekolah di Pulau Lembeh, Belum Melakukan MPLS Secara Daring

IMG-20210818-WA0009

Kadis Pendidikan Julius Markus Ondang SP.d MS.i

Bitung, Sulutreview.com– Sejak Senin (12/07/2021) seluruh sekolah mulai melakukan aktivitasnya meskipun via Dalam Jaringan (Daring) mengingat Pandemi Covid-19 yang masih terus terjadi.

Bacaan Lainnya

Khusus untuk Kota Bitung Sulawesi Utara (Sulut) pun berlaku demikian, dimana seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) melakukan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) via jarak jauh melalui Daring via Zoom ataupun WhatsApp.

Hal ini pun, dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung Drs Julius Ondang SP.d MS.i kepada sejumlah wartawan.

Ondang mengatakan, dalam pantauanya di MPLS hari pertama hampir 90 persen melakukan secara Daring. “Ya seperti amatan saya di SMPN 2 Bitung dari sekitar 448 siswa sudah ikut MPLS secara Daring begitu juga SD,” ujarnya saat memantau di SMPN 2 Bitung didampingi Tommy Paat SP.d

Ditanya apakah di Kota Bitung sudah 100 persen mengikuti MPLS secara Daring? menurut Ondang, bahwa memang ada di wilayah Kepulauan seperti di Pulau Lembeh, ada sebagian sekolah masih melakukan tatap muka terbatas.

“Mengingat kendala yang mereka hadapi, adalah soal jaringan internet yang belum merata. Sehingga mereka diberikan dispensasi, dengan melakukan MPLS tatap muka terbatas, dengan catatan tetap mengikuti Protokol Kesehatan,” ujar Ondang.

Lebih jauh kata Ondang, bahwa masa berlaku aktivitas sekolah untuk saat ini tetap melakukan Daring mengingat sampai saat ini sudah ada edaran dari Kemendagri, Gubernur Sulut dan Walikota Bitung untuk tidak memperkenankan ada aktivitas belajar mengajar di sekolah mengingat Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung

“Untuk Bitung khusus masuk dalam wilayah Zona Merah tetap dilakukan secara Daring namun untuk zona kuning kebawah hanya melakukan tatap muka terbatas tanpa ada aktivitas belajar mengajar di setiap sekolah,” pungkas mantan Kepsek SMPN 2 yang pernah mengharumkan Bitung di pentas Nasional dengan penghargaan Sekolah Adiwiyata ini.

Kepsek SMPN 2, Tommy Paat SP.d

Sementara itu, Kepsek SMPN 2 Tommy Paat mengatakan bahwa untuk siswa yang mengikuti MPLS ada sebanyak 448 siswa dari laporan guru-guru semuanya telah mengikuti via Daring.

“Mengingat seperti apa yang disampaikan Pak Kadis Pendidikan maka kami tetap akan menaati apa yang sudah menjadi himbauannya dengan melaksanakan MPLS secara Daring,” pungkas mantan Guru di SMPN 12 Bitung ini.(zet)

banner 300x250