Status Tanggap Darurat Pasar Tua Berakhir, Pemkot Beralih ke Masa Pemulihan

IMG-20210818-WA0009

 

Bitung, Sulutreview.com- Setelah hampir sebulan penuh Pemerintah Kota Bitung menetapkan status tanggap darurat bencana di wilayah kebakaran Pasar Tua di Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa setelah kebakarn terjadi pada Rabu (23/06/2021) lalu.

Bacaan Lainnya

Akhirnya pada Kamis (08/07/2021) pihak Pemkot Bitung mencabut status masa tanggap darurat di Pasar Tua dan beralih ke fase transisi pemulihan.

Pada penanganan kebakaran dan pasca ditetapkannya status tanggap darurat bencana, pemkot Bitung atas perintah Walikota dan Wakil Walikota Bitung telah mengeluarkan SOP penanganan bencana bersama masyarakat, LSM, dunia Usaha dan Pemerintah.

Pasalnya, dalam penanganan kebakaran pasar tua, untuk pendataan awal berhasil dilakukan hanya dalam waktu 8 jam dengan melibatkan tenaga pendidik, Bankom Rapi, Tagana, Baguna serta semua organisasi masyarakat yang ada.

Bahkan penanganan kebakaran ini mengunakan sistem penerimaan bantuan satu pintu dengan koordinator Asisten 1 Bapak Drs Julius Ondang MS.i dan tim percepatan.

Selanjutnya pada masa transisi pemulihan ini, Pemerintah kota Bitung juga telah melakukan langkah-langkah dengan sosialisasi dan mediasi terkait proses mengalihkan para masyarakat penyintas kebakaran ke tempat-tempat tinggal sementara yakni Rusunawa yang akan difasilitas oleh pemerintah kota Bitung.

Sebagai konsekuensi untuk langkah-langkah tersebut diatas maka nantinya seluruh kebutuhan dasar seperti (Beras, Mie Instan dan Ikan) bagi para masyarakat penyintas akan di suplai oleh pemerintah selama 3 (tiga) bulan kedepan sampai berakhirnya masa transisi pemulihan.

Demikianlah beberapa hal, yang dapat kami sampaikan, sambil terus mengajak kita semua, untuk tetap berdoa agar pandemi ini cepat berlalu, serta tidak henti-hentinya, kami mengingatkan kepada seluruh masyarakat.

“Patuhi Protokol Kesehatan untuk pencegahan Covid-19,” pungkas Asisten 1 Julius Ondang didampingi Kabag Protokol Albert Sergius SE.(zet)

banner 300x250