Pemkot Bitung Langsung Bergerak Cepat Tangani Kebakaran Pasar Tua

Maurits-Hengky saat berada di lokasi kebakaran
IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com- Aksi gerak cepat Pemerintah Kota Bitung untuk penanganan bencana alam di Kota Bitung dalam hal ini, kebakaran yang terjadi di wilayah Pasar Tua tepatnya di Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa Rabu (23/06/2021) sangatlah cepat.

Buktinya saat kejadian kebakaran di Pasar Tua Bitung. Membuat Walikota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Walikota Hengky Honandar SE datang di lokasi tersebut.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota ini, nampaknya lebih menambah semangat bagi para personil gabungan tim Pemadam Kebakaran dilokasi Pasar Tua untuk melakukan tindakan pemadaman api di wilayah Pasar Tua Bitung tersebut.

Buktinya, sekira 45 menit setelah Maurits dan Hengky datang dilokasi pasar tua, si Jago Merah sukses dijinakan atau bisa langsung padam berkat kerjasama intensif oleh tim Damkar gabungan yaitu dari pihak TNI dalam hal ini Marinir Bitung, Polres Bitung serta Kodim 1310 Bitung dan 2 mobil Damkar bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara dan dari PDAM, serta dari pihak Integrated Terminal Pertamina Bitung serta Mobil Water Canon dari Polres Bitung.

Saat Maurits dan Hengky dilokasi langsung aktif berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri di lokasi kebakaran bersama instansi terkait.

Maurits dan Hengky juga berkoordinasi dengan dinas Kesehatan agar dapat melayani korban yang luka ringan pada kejadian kebakaran ini.

Sesuai data, Kabid Dinas Sosial Bitung Sammy Lombogia mengatakan bahwa dari data yang ada bahwa sekira 70 rumah warga yang ludes terbakar, dalam kebakaran yang terjadi di Pasar Tua Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa Kota Bitung.

Dari informasi yang diterima oleh ESN dari Dinas Sosial Kota Bitung, jumlah rumah yang terkena musibah kebakaran kemungkinan masih akan bertambah.

“Ada sekitar 1000 jiwa yang terdampak dari kebakaran di Bitung tengah, ling IV ini,” kata Kabid Dinas Sosial Bitung Sammy Lombogia.

Terlihat juga, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Bitung seperti Kapolres, Dandim dan Danyon Marinir Bitung terlihat di lokasi kebakaran.

– Penanganan Korban Kebakaran Langsung dilakukan.

Adapun data sementara kebakaran Pasar Tua Kelurahan Bitung Tengah Lingkungan IV Kecamatan Maesa adalah

Jumlah rumah 141 unit terdiri dari rusak berat 123 unit, rusak sedang 11 unit dan rusak ringan 7 unit.

Jumlah kepala keluarga (KK) ada 169 KK dengan jumlah 637 jiwa terdiri dari laki-laki 340 dan perempuan 297.

Gerak cepat penanganan pasca kebakaran pemukiman padat Kompleks Pasar Tua Kelurahan Bitung Tengah Lingkungan IV Kecamatan Maesa telah dan sementara dilakukan Pemkot Bitung bersama Forkopimda.

Sejumlah langkah awal penanganan dipaparkan Pemkot Bitung dalam Pres Conference yang digelar di Posko Media dan Trauma Healing Center Penanganan Bencana Kebakaran Pasar Tua, Sabtu (26/06/2021).

Pres Conference itu dihadiri Plt Asisten I, Julius Ondang, Kepala Dinas Sosial, Give Mose, Kepala BPBD, Robert Wongkar, Plt Dinas Kesehatan, dr Pitter Lumingkewas dan Juru Bicara (Jubir) Pemkot Bitung, Albert Sergius.

Dalam penyampaiannya, Jubir Pemkot Bitung memaparkan langkah-langkah penanganan yang telah dilakukan dan sementara dilakukan pihaknya bersama Forkopimda pasca kebakaran Pasar Tua, yakni mendirikan posko tanggap bencana, pendataan jumlah penyitas korban kebakaran,  jumlah rumah dan bagunan yang terdampak.

“Juga, mendirikan tenda penampungan korban kebakaran, mendirikan dapur umum, mendirikan posko medis, mendirikan posko trauma healing dan mendirikan media centre,” kata Albert.
Albert juga menyampaikan soal mekanisme penyaluran bantuan oleh BPBD yakni Proses Penerimaan satu pintu, proses penyaluran satu, update data jumlah penyitas korban kebakaran, update data jumlah bantuan yang diterima, update data jumlah bantuan yang tersalur dan update jumlah stok yang tersedia di posko

“Termasuk juga progres pelayanan dapur umum dan mekanisme penyalurannya dari Dinas Sosial serta penangan pelayanan medis dan pencegahan pemyebaran covid-19 di lokasi tenda penyintas,” katanya.

Sementara itu, Plt Asisten I atas nama Pemkot, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar serta masyarakat Kota Bitung menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulut, Pemkab Minut, Kodim 1310/Bitung, Polres Bitung, Yonmarhanlan VIII Bitung, PT Pelindo IV dan Terminal Integrated Terminal Pertamina Bitung yang telah membantu upaya pemadaman serta penanganan penyintas korban kebakaran Pasar Tua.

“Juga kepada semua pihak yang tak dapat kami sebut satu persatu yang telah bersama-sama melakukan upaya pemadaman serta membantu penyintas. Tuhan memberkati kita semua,” ujar Asisten 1 ini.(zet/advertorial Diskominfo Bitung)

banner 300x250