Pemkot Bitung Keluarkan Surat Edaran Antisipasi Lakalantas Anak Usia Dini

IMG-20210818-WA0009

Maurits-Hengky

Bitung, Sulutreview.com– Menyikapi terkait viralnya kabar terkait kecelakaan Lalu Lintas yang menewaskan 4 Pemuda di Kota Bitung yang terjadi di wilayah Kecamatan Ranowulu belum lama ini. Nampaknya tak hanya membuat keluarga 4 korban sangat bersedih.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi kepedulian pun, ternyata dirasakan oleh Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Walikota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Walikota Hengky Honandar SE yang sempat juga merasakan kesedihan atas kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Ranowulu tersebut.

Menyikapi akan hal tersebut, membuat Walikota dan Wakil Walikota Bitung mengeluarkan Surat Edaran pada Rabu (02/05/2021) dengan nomor 008/376/SEK Tentang Kepeloporan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bitung dalam pembangunan karakter anak dan antisipasi aktifitas berbahaya anak usia sekolah.

Hal ini didasari dalam mencermati terjadinya berbagai pelanggaran hukum di kalangan Remaja serta meningkatnya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak dan Remaja perlu digalakan kegiatan dalam rangka pembangunan karakter anak dan antisipasi aktifitas berbahaya anak usia sekolah. Berikut ini adalah 4 himbauan yang dikeluarkan oleh Pemkot Bitung.

1. Seluruh pejabat ASN di lingkungan Pemkot Bitung wajib menjadi pelopor sekaligus contoh dan teladan di lingkugan masing-masing, dalam hal melaksanakan kegiatan “Antar/Jemput anak secara konsisten.

2. Awasi aktivitas anak usia sekolah, khususnya remaja , baik di rumah maupun di luar rumah agar tidak melakukan atau terlibat dalam kegiatan perbuatan melangar hukum terutama larang anak usia sekolah/remaja yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk mengendarai sepeda motor atau mobil.

3. Berlakukan jam malam bagi anak usia sekolah /remaja agar tidak lagi ada yang beraktivitas di luar rumah diatas pukul 22:00 WITA tanpa alas an yang jelas.

4. Ajarkan anak-anak tentang konsekuensi yang harus diterima jika melakukan perbuatan-perbuatan melanggar hukum atau aktivitas berbahaya lainya. Berikan teladan bagi anak-anak untuk bersikap sopan dan bertanggungjawab sesuai dengan usia serta arahkan anak-anak untuk mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan positif baik akademik maupun non akademik.

Demikian Surat Himbauan dari Pemkot Bitung ini, dibuat untuk dapat dimengerti dipahami dan ditindaklanjuti oleh semua pihak dalam hal ini jajaran ASN di Kota Bitung dan masyarakat.(zet)

banner 300x250