Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Jadi Target Prioritas Pemprov Sulut di 2021

0
225
Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Wagub Steven Kandouw saat memimpin apel mengawali kinerja 2021

Manado, Sulutreview. com – Mengawali tahun 2021, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menempatkan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi sebagai target yang diprioritaskan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw sangat serius untuk menyikapi wabah penyakit yang menjadi bencana non alam. Keduanya berharap di tengah tantangan akibat pandemi, perekonomian tetap menggeliat.

Berbagai upaya strategis sudah dilakukan, namun itu belum cukup. Untuk itu segenap jajaran pimpinan Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD), seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kerja Lapangan (THL) dengan mengedepankan sinergitas untuk bersatu padu dan fokus pada tujuan. Yakni kerja, kerja dan kerja.

Gubernur Olly Dondokambey saat memimpin apel perdana di awal tahun 2021

Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih mengitari bumi, tetapi itu bukan menjadi penghalang. Gubernur Olly menegaskan agar tetap menorehkan karya dan melanjutkan pengabdian dalam mewujudkan berbagai resolusi demi untuk kemajuan Sulut.

“Semoga di tahun 2021 ini, kita semua tetap diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Tuhan. Daerah kita segera dipulihkan dari pandemi Covid-19, sehingga aktivitas kehidupan kita akan semakin membaik. Bahkan lebih dari itu , kita dapat menjalankan rutinitas sebagai pelayan publik secara prima, menorehkan karya dan capaian dengan hasil yang terbaik, untuk kita dedikasikan terhadap pembangunan daerah, bangsa dan negara,” ucap Gubernur Olly saat mengawali amanatnya, di aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Senin (4/1/2021).

Gubernur Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Sulut Edwin Silangen berkomitmen untuk melakukan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi secara maksimal.

Gubernur Olly atas nama Pemprov Sulut serta selaku pribadi dan keluarga, berkesempatan menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru 2021 kepada seluruh jajarannya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Olly juga menyampaikan apresiasi yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara, segenap perangkat daerah dan unit kerja, serta seluruh ASN dan THL di Lingkup Pemprov Sulut, atas upaya maksimal yang luar biasa, dalam pencegahan, penanganan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Sulut selama tahun 2020.”

Di tahun 2021 ini, saya harapkan kita semua akan tetap konsisten, memiliki tekad dan komitmen yang kuat dalam melakukan pencegahan, penanganan dan pengendalian Covid-19 di daerah, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan, patuh menerapkan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak di lingkungan kerja. Jadilah teladan dalam penerapan protokol kesehatan yang benar di tengah-tengah masyarakat,” tambah Gubernur Olly.

Seluruh jajaran dan ASN Pemprov Sulut didorong untuk bekerja maksimal demi pembangunan daerah yang lebih baik.

Selanjutnya, Gubernur Olly juga memberikan apresiasi kepada jajaran Pemprov Sulut, seluruh ASN dan THL yang meskipun diberlakukan kebijakan sistem Work From Home (WFH), namun tetap menunjukkan kinerja optimal demi mendukung pencapaian program dan kegiatan, serta mensukseskan agenda-agenda pemerintahan.

Hal itu terbukti, walaupun diterpa pandemi Covid-19 di tahun 2020, namun tetap mampu menjaga kesinambungan roda pemerintahan, pembangunan serta menjaga stabilitas dan kondusifitas.

Gubernur Olly di hadapan seluruh jajarannya, juga mengungkap berbagai capaian di sepanjang 2020. Hal itu dimaksudkan agar apa yang telah diraih dapat dilanjutkan di 2021.

“Kita mampu membuat perekonomian Sulawesi Utara tetap tumbuh positif. Kendati sebelumnya sempat mengalami kontraksi 3,89% di triwulan II, namun secara kumulatif pada semester I bertumbuh sebesar 0,38%,” ungkapnya.

Jajaran pimpinan, ASN dan THL mengikuti apel awal tahun

Berbagai capaian yang diraih Pemprov Sulut di tahun 2020, di antaranya yaitu mendapat penghargaan dari KPK-RI atas komitmen penertiban dan optimalisasi aset negara, mampu membuat masyarakat tetap produktif dan menyambut kebijakan padat karya Pemerintah dengan sejumlah proyek fisik Pemulihan Ekonomi Nasional, mampu melakukan percepatan pembangunan fisik KEK Likupang.T

ak itu saja, di tengah pandemi Covid-19, Gubernur Olly melakukan terobosan dengan menghadirkan ekspor langsung komoditi perikanan dan pertanian dari Manado ke Narita, Jepang. Hal itu dilaksanakan atas kerja sama dengan PT Garuda Indonesia.

Paling penting, Provinsi Sulut telah berhasil menyukseskan Pilkada Serentak, pada 9 Desember 2020, hingga berlangsung lancar dan aman Covid-19.

Juga Gubernur Olly menghimbau kepada semua pihak untuk dapat tetap bersinergi di tahun 2021 ini, agar mampu menuai capaian-capaian progresif dari setiap program dan kegiatan yang telah menjadi prioritas. Sebagaimana Tema RKPD Tahun 2021 yakni “Mempercepat Pemulihan Ketahanan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat Didukung Pengembangan Pariwisata dan Industri Berbasis Sumber Daya Lokal”.

“Maka ke depan sektor pertanian harus kita galakkan sebagai kontributor terbesar terhadap pembentukan perekonomian daerah. Kita harus tetap melanjutkan, gerakan sentuh tanah sektor pertanian dan optimalisasi sektor perikanan. Sambil, terus berupaya mencari peluang-peluang untuk meningkatkan tujuan ekspor dari Sulawesi Utara,” jelasnya.

“Di samping itu, sektor pariwisata juga harus kita galakkan, mulai dari pembangunan infrastrukturnya, hingga unsur pendukung lainnya yang meliputi pembangunan SDM yang handal dan pembangunan industri di daerah yang berbasis sumber daya lokal,” sambungnya.

Diketahui, dalam Innovative Government Award (IGA) 2020, Sulawesi Utara dinobatkan sebagai “Provinsi Sangat Inovatif”. Untuk itu Gubernur Olly mengajak agar menunjukkan predikat itu, dengan tetap menjadi Aparatur Pemerintah yang inovatif, yang dapat melahirkan terobosan-terobosan inovatif untuk kontribusi positif bagi kemajuan daerah Sulut.

Demikian juga Gubernur menyampaikan agar ASN tetap bekerja sesuai tupoksi masing-masing dan koordinasi serta segera menerapkan “electronic government” di SKPD masing-masing dan memaksimalkan publikasi media sosial dan media elektronik, dan media cetak.

Sinergitas menjadi sumber kekuatan jajaran Pemprov Sulut untuk berkarya dan mengisi pembangunan

“Tetap semangat dalam bekerja, jaga kesehatan, dan mari sama-sama berikan yang terbaik untuk bangsa dan daerah. Jaga kekompakan organisasi dan kewibawaan Pemprov Sulut. Dan saya mengingatkan juga sebagai ASN, kita bekerja untuk rakyat.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menuntun dan menyertai kita semua,” tandasnya.

Keseluruhan Apel perdana diakhiri dengan Doa oleh Pdt. G.E.W. Kumaat, S.Th.

Apel perdana ini diatur dalam tatanan Prokes dan bagi ASN dan THL, yang WFH dan Piket mengikuti secara virtual dan yang berada di kantor masing-masing mengikuti apel secara mandiri dengan jumlah peserta 30%.

Diketahui, Apel tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulut, Bapak Steven OE Kandouw, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Bapak Edwin H Silangen dan para pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Pemprov Sulut.

Penanggung jawab Apel oleh BKD, dan pemimpin Apel Karo Pengadaan Barang dan Jasa Jemmy Ringkuangan.

Dalam apel, Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulut melakukan penyerahan SK pensiun, kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2021.(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here