Bersua Warga Bunaken, Olly Serahkan Bantuan 32 Unit Homestay

0
67
Gubernur Olly saat melakukan kunjungan kerja ke Bunaken

Manado, Sulutreview.com – Kepedulian Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey untuk kemajuan pariwisata, tak surut oleh keadaan.

Bahkan di kala pandemi, orang nomor satu di Sulut ini, tetap berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya diwujudkan dengan
pembangunan rumah swadaya untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang.

“Hal itu menjadi bukti betapa besarnya perhatian pemerintah pusat terhadap sektor pariwisata Sulut,” ungkap Gubernur Olly saat menyerahkan bantuan rumah swadaya pariwisata untuk warga di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Manado, Sabtu (22/8/2020).

Olly pun menceritakan kembali, akan pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Sulut beberapa waktu lalu.

Saat itu Olly mengusulkan kepada Jokowi soal pembangunan homestay di kawasan pariwisata.

“Di Kementerian PUPR ada Dirjen Perumahan, yang kemudian dibuat program untuk membantu daerah pariwisata dengan program homestaynya. Ternyata Pak Presiden membuat ini program,” katanya sambil menambahkan program ini baru ada di Sulut.

“Program homestay ini baru ada di Sulut kalau program bantu rumah-rumah banyak, seluruh Indonesia juga ada,” tukasnya.

Olly juga memuji komitmen dan perhatian Jokowi untuk membangun sektor pariwisata Sulut.

“Kita bawa Pak Presiden ke Bunaken, tetapi baru sampai di dermaga sudah tahu apa yang menjadi kebutuhan. Presiden kita memang hebat. Apa yang disampaikan pasti dilaksanakan. Salah satunya adalah pembuatan homestay. Ini baru 32, dari target 300. Tujuannya supaya masyarakat bisa menikmati pariwisata secara langsung,” tukasnya.

Lanjut Olly, keberadaan homestay dapat meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar tempat wisata.

“Hal ini akan kita dorong terus, dengan melakukan perbaikan semua rumah-rumah yang ada di Bunaken. Supaya paling tidak ada dua kamar, bisa disewakan apabila datang, turis-turis ke Sulut. Minggu lalu saya sudah tanda tangan surat, bahwa Bunaken dapat dibuka untuk wisatawan. Saya sudah kirim surat ke kepala Balai Taman Nasional Bunaken,” sebut Olly.

Olly menyatakan optimis, jika masyarakat dapat menjalankan protokol kesehatan maka pembukaan kembali kawasan wisata Bunaken, akan berjalan lancar.

“Ini manfaat Pemerintah Provinsi hadir di tengah masyarakat Bunaken, dalam rangka kita mempersiapkan era baru dalam kehidupan pariwisata kita. Kalau masyarakat semua peduli, mau pakai masker, mau jaga jarak dan hidup bersih, maka tempat pariwisata dapat dibuka. Dengan demikian turis datang,” tandas Olly.

Selain menyerahkan rumah swadaya pariwisata, Olly juga menyerahkan 600 cikal bibit kelapa genjah dan pandan wangi kepada warga Bunaken.

“Kelapa ini dikirim dari Thailand lewat Medan baru sampai di sini. Harga 1 biji
Rp250 ribu. Untuk kelapa pandan wangi, tidak untum kopra. Tetapi khusus untuk kelapa muda. Jadi tiap rumah akan dibagikan satu,” ujarnya.

Kelapa pandan wangi ini akan berbuah saat berusia 3,5 tahun.

Pada kesempatan tersebut, Olly juga menyalurkan berbagai bantuan lainnya untuk masyarakat Bunaken, diantaranya coolbox dan BBM sebanyak 50 liter untuk setiap nelayan yang terdampak Covid-19 dan bantuan sosial sembako bagi warga terdampak Covid-19.

Adapun rangkaian kegiatan di Bunaken turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here