Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan di Wusa, Masyarakat Takut Mendekat

0
1352
Pemakaman dilakukan oleh tim sesuai prosedur.

Airmadidi, SULUTREVIEW

Satu Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 asal Minahasa Utara (Minut), yang diisolasi di RSUP Prof RD Kandou akhirnya meninggal dunia pada pukul 04.11 Wita, Minggu (10/04/2020).

Pasien seorang wanita berusia 56 tahun tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minut, dr Harly CH Sompotan proses penanganan Jenazah dilakukan berdasarkan prosedur dan standar pasien Covid-19.

“Pasien dimakamkan pada hari ini juga pukul 08.00 Wita di pemakaman keluarga di Desa Winetin Kecamatan Talawaan Kabupaten Minut dan pasien dimakamkan dengan prosedur pemakaman jenazah positif Corona di mana dari rumah sakit langsung ke tempat pemakaman dan proses pemakaman dilakukan oleh petugas medis atau Tim Gugus Tugas,” jelasnya.

Berikut kronologis pemakaman jenazah :

1. Pada Pada 10.20 wita jenazah tiba di Desa Wusa dan langsung dibawa ke areal pekuburan umum Desa Wusa namun tidak dapat langsung dilakukan proses pemakaman karena terkendala kurangnya petugas yang akan memakamkan jenazah sementara masyarakat tidak ada yang berani dan bersedia membantu memakamkan karena tidak ada APD.

2. Upaya yang dilakukan oleh Camat Talawaan dan Puskesmas Talawaan adalah meminta petugas dari RSUP Prof Kandou namun dari Pihak RSUP Prof Kandou Malalayang hanya membawakan APD dan tenaga dimintakan kesediaan dan bantuan warga desa setempat.

3. Pada Pukul 11.50 Wita, petugas kesehatan dari RSUP Prof Kandou Malalayang tiba dan membawa 3 unit APD selanjutnya memberikan serta mengajarkan cara menggunakan serta teknis pelaksaan penguburan kepada 3 orang masyarakat sebagai relawan yang telah disiapkan oleh hukum tua kepala desa Wusa untuk membantu menguburkan jenazah.

– Pada Pukul 11.56 Wita, jenazah diturunkan dari mobil jenazah dan dibawa ke dalam areal pekuburan ke tempat yang sudah di siapkan.

 

– Pada Pukul 12.15 Wita proses pemakaman oleh tiga orang relawan dan satu orang petugas rumah sakit.

– Pada Pukul 12.40 Wita proses pemakaman selesai.

Pemakaman jenazah pasien positif Covid-19 telah dilakukan sesuai prosedur dan turut dihadiri Camat Talawaan Ruben Lengkong S.IP.M.Si, Kapolsek Dimembe AKP Decky Demus, Plh Danramil 1310-04/Dimembe Pelda Alexander Budiman, Hukum Tua Desa Wusa Broeri Kaunang dan keluarga dari almarhum.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here