Tangani Covid-19, Gubernur Desak Pelaku Usaha Pasang Bilik Sterilisasi

0
159
Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Manado, SULUTREVIEW

Perkembangan Covid-19 yang semakin masif, mendapat perhatian serius Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Terbukti Gubernur Sulut Olly Dondokambey, berupaya mengantisipasinya sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Gubernur Sulut dalam surat edaran Nomor: 440/20.2265/Sekr tanggal 26 Maret 2020 tentang Pemasangan Publikasi Sterilisasi, mendesak para pelaku usaha, khususnya para pemimpin pusat perbelanjaan, supermarket, pasar swalayan di Sulawesi Utara untuk menyediakan bilik sterilisasi.

“Guna percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Sulawesi Utara, diperlukan dukungan serta sinergitas kerja segenap komponen pembangunan di Sulawesi Utara. Karena itu kepada seluruh pusat perbelanjaan, pertokoan, supermarket, pasar swalayan yang ada di Sulut untuk memasang bilik sterilisasi atau disinfektan chamber,” ungkapnya Jumat (27/03/2020).

Bilik sterilisasi yang dimaksud, ungkap orang nomor satu di Sulut itu, harus sesuai dengan standar  Kementrian Kesehatan RI yang mengacu standar WHO.

“Bilik sterilisasi harus disiapkan di setiap pintu masuk dan keluar. Karena dengan fasilitas ini dapat meminimalisasi penyebaran Covid-19,” kata Olly sembari berharap surat edara yang diberlakukan untuk kebaikan bagi banyak orang.

Gubernur Olly kembali menegaskan bahwa soal Covid-19 baik penanggulangan dan pencegahan penyebarannya tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah. Melainkan juga harus didukung semua pihak.

“Dengan dukungan dan sinergitas serta kerja sama seluruh komponen masyarakat, maka kita dapat meminimalisasi Covid-19,” tandasnya.

Diketahui pandemi Covid-19, telah menjadi tantangan. “Untuk itu saya mengimbau seluruh komponen maupun stakeholder agar meninggalkan perbedaan. Dan memilih bergandengan tangan bersama mengatasi masalah ini dengan kerja sama yang tulus dalam tindakan nyata.

“Doa kita semua sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing,” tandas Olly.

Selain upaya lokal, Olly optimistis siap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat terkait dengan upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus Corona di seluruh Wilayah Provinsi Sulut.

Bukan hanya itu, diharapkan virus Corona dapat dihindari. “Ini menjadi tanggung jawab bersama sehingga virus korona dapat dilalukan dari Indonesia dan Sulawesi utara.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here