Wabup Robby Warning Pejabat tak Terlibat Pungli dalam Proses Tender

0
98
Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey

Tondano, Sulutreview.com

Wakil Bupati Minahasa, Dr. Robby Dondokambey, S.Si, MM menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang digelar di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Pada kesempatan tersebut Wabup Dondokambey mengharapkan agar para pejabat yang terkait dengan proses tender dijauhkan dari pungli, bekerja dengan hati. Baik Pengguna Anggaran, KPA, Pejabat Pembuat Komitmen, Bagian PBJ, Pokja Pemilihan dapat bekerja dengan baik dan profesional.

“Sehingga dapat terhindar dari praktik-praktik yang mengarah ke korupsi, kolusi dan nepotisme,” tegas Wabup RD.

Dikatakannya, pelaksanaan kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, tentang pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Berikut sebagai tindak lanjut surat Edaran Kepala LKPP RI Nomor 19 Tahun 2019 tentang Percepatan Proses Pengadaan Barang dan Jasa Kementrian/Lembaga/Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020, serta sebagaimana dalam Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Kabupaten Minahasa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait ketetapan waktu penayangan RUP paling lambat 31 Januari 2020.

Dalam pertemuan ini Wabup Robby menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Minahasa sebagai evaluasai untuk Tahun 2019.

Berkaitan dengan itu, dalam rangka mempercepat proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Minahasa yang tepat sasaran dan tepat waktu perlu ditegaskan untuk semua OPD segera melaksanakan penginputan RUP dalam SIRUP, secepatnya mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk kegiatan tender serta untuk pelaksanaan pengadaan langsung sudah harus dilaksanakan dalam E-PL.

Wabup juga berharap Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dapat memfasilitasi seluruh OPD. Turut hadir Penjabat Sekda Minahasa, Ir. Ronald Sorongan, M.Si beserta jajaran Pemkab Minahasa, baik pimpinan OPD, PA/KPA, PPK, Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here