Bupati Roring Ungkap Program dan Kemajuan Pembangunan di GMIM Zaitun Talikuran

0
115

Tondano, SULUTREVIEW

Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi, IPU beribadah di GMIM Zaitun Talikuran Kecamatan Remboken pada Minggu (26/1/2020).

Kehadirannya, sekaligus menjadi saksi baptisan dari anak Alexandria Deandra Sampul dari keluarga Sampul-Tapada.

Ibadah dipimpin Pdt. Julius Haris Tumiwan, STh selaku Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Remboken.

Pada ibadah tersebut, Pdt Julius membaca firman Tuhan dari Ibrani 10: 19 – 39, dengan kotbah bahwa pengajaran Kristen adalah hal yang penting dalam karya anugerah Allah.

“Tujuannya agar jemaat berpegang dan berharap teguh pada Yesus Kristus bukan pada pengharapan yang semu,” sebutnya.

Pdt Julius juga mengatakan ada anggota jemaat yang perlu diperhatikan.

“Untuk itu firman Tuhan mengajak kita saling memperhatikan, mendorong dalam kasih, memberi motivasi, saling menguatkan sebagai bagian dari panggilan umat yang percaya,” tukasnya.

“Mari memberi perhatian dalam ibadah-ibadah dengan saling mengajak dan merangkul jemaat untuk beribadah,” tandasnya sambil menambahkan bahwa pengharapan itu berhubungan dengan ketekunan. Dengan demikian orang yang bertekun akan mendapat jawaban atas apa yang diharapkan.

Bupati Minahasa, pada kesempatan yang sama menyampaikan,
apresiasi dan terima kasih kepada jemaat se-wilayah Remboken yang mendukung program Sidang Majelis Sinode Tahunan GMIM tentang GMIM Peduli Danau Tondano.

Sementara itu, terkait dengan pengelolaan Danau Tondano, yang berada di garis depan pelestarian Danau Tondano, adalah 7 kecamatan yang mengelilingi danau termasuk kecamatan Remboken.

“Danau Tondano adalah berkat Tuhan bagi masyarakat Sulawesi Utara khususnya Minahasa yang sudah kita nikmati manfaatnya, untuk itu mari kita bersama-sama peduli Danau Tondano,” kata Roring.

Diketahui, beberapa Program pemerintah yang sementara dijalankan diantaranya pemberian santunan dana duka beserta akte kematian, BPJS Kesehatan gratis.

“Meskipun terdapat kendala karena kenaikan iuran tapi pemerintah terus berupaya dan berusaha menyelesaikan masalah yang ada agar program ini dapat terus melayani kebutuhan masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” ujar Roring.

Tahun ini pemerintah berupaya meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang mencover THL, perangkat desa, BPD, kusir bendi, tukang ojek dan lainnya.

Pemerintah juga telah menandatangani MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam program ASN Care yakni ASN menanggung satu orang rekannya untuk turut dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami mengapresiasi salah satu desa di Minahasa yaitu Desa Pulutan sebagai Desa peduli tenaga kerja.
Program lainnya yang sementara dan akan dijalankan yaitu pemberian insentif bagi pimpinan agama, pemberian bantuan sarana peribadatan, bantuan perlengkapan sekolah kepada siswa baru kelas 1 SD dan Kelas 1 SMP,” jelasnya.

Bupati mengajak untuk melestarikan budaya Minahasa, termasuk di dalamnya bahasa daerah, tarian daerah maengket, musik bambu dan kolintang.

Pemerintah memprogramkan pengadaan motor sampah di setiap desa, akan diberikan tas ramah lingkungan kepada setiap keluarga, program bebas sampah plastik dan larangan penggunaan air mineral dalam kemasan plastik.

Bupati juga mengajak seluruh jemaat untuk senantiasa menopang Pemerintah Kabupaten Minahasa serta meningkatkan sinergitas denham gereja dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Minahasa untuk mewujudkan Minahasa yang Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Turut Hadir, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Rio Palilingan, SH, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Zaitun Talikuran Pdt. Paula Lontoh, STh, Pendeta Pelayanan Pdt. Amilia Rumayar, MTh, Guru Agama Evani Matano, dan seluruh Jemaat.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here