Pemprov Sulut Luncurkan Layanan Gawat Darurat PSC 119

0
322
Gubernur melakukan

Manado, SULUTREVIEW

Pemprov Sulut lakukan peluncuran layanan gawat darurat atau Public Safety Center (PSC) 119.

Terobosan baru ini, dilaunching di tengah kemeriahan perayaan HUT ke-55 Provinsi Sulut di lapangan Wolter Mongisidi Senin (23/9/2019).

Layanan PSC 119 merupakan layanan kegawatdaruratan kesehatan terpadu, yang mengintegrasikan seluruh layanan emergency di 15 kabupaten/kota,192 Puskesmas dan 46 Rumah Sakit.

Layanan ini berbasis telepon 119, yang kemudian akan diterima oleh petugas kesehatan terlatih yang akan membantu masyarakat memberikan advis layanan emergency maupun evakuasi medis dengan ambulans bila diperlukan. Layanan ini berlangsung 1 x 24 jam selama 7 hari seminggu.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo mengatakan layanan ini dibangun juga untuk menopang pembangunan sektor kepariwisataan di Sulut.

Menyusul ditetapkannya Sulut sebagai daerah super prioritas dalam pengembangan kepariwisataan oleh Presiden Joko Widodo.

Untuk itu, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw kemudian menginstruksikan semua sektor menopang kebijakan ini.

“Kami dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara menginterpretasikan dukungan ini lewat layanan PSC 119,” ujarnya.

“Dengan dilaunchingnya layanan ini, diharapkam akan makin mendekatkan cita-cita kita menuju Sulut Sehat dan Sulut Hebat,” sebut dr Debie.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here