DPR-RI dan Parlemen Myanmar Jalin Kerja Sama

WAKIL Ketua DPR RI Utut Adianto melakukan pertemuan dengan Ketua Parlemen Negara Persatuan Myanmar U T Khun Myat.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Parlemen Negara Republik Persatuan Myanmar telah bersepakat untuk membentuk Grub Kerja Sama Bilateral (GKSB) guna membina dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama antar anggota parlemen yang terhimpun dalam parlemen kedua negara.

Utut Adianto menjelaskan bahwa Parlemen Myanmar sangat senang dan merasa dihormati atas kunjungan dari DPR RI dan menginginkan hubungan baik antara Indonesia dan Myanmar perlu terus dibina dan di tingkatkan.

“Dia (U T Khun Myat) sangat senang kita hadir dan merasa dihormati, tetapi ini bukan basa basi saya lihat, karena memang kunjungan anggota kita kesini relatif gak ada, dan intinya mereka ingin antar parlemen ini bisa saling berdaya,” katanya pada kunjungan kerja muhibah ke Negara Republik Persatuan Myanmar yang dimaksudkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam melaksanakan politik luar negeri melalui diplomasi parlemen, Kamis (6/12/2018).

Pertemuan tersebut saling bertukar Informasi terkait dengan perkembangan kedua negara. diantaranya ekonomi, dan tentang perpindahan ibukota.

Legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dapil Jawa Tengah VII (Banjarnegara, Purbalingga, dan Kebumen) ini pun memberikan penjelasan bahwa DPR RI sangat mendukung penuh APBN, dari penerimaan negara 20 persen buat pendidikan dan 5 persen buat kesehatan.

“Dua hal yang menurut DPR adalah mandatori negara kepada rakyatnya. Jadi kita yang dari APBN yang sekarang Rp2.641 T, itu 20 persen buat pendidikan dan 5 persen buat kesehatan,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan kunjungan Parlemen Republik Persatuan Myanmar, Menteri Pariwisata Republik Persatuan Myanmar, dan Duta Besar Republik Indonesia di Myanmar,  diikuti Anggota Komisi VII Tony Wardoyo (F-PDIP), Anggota Komisi X My Esti Wijayanti (F-PDIP), Anggota Komisi VIII Diah Pitaloka (F-PDIP), dan Anggota Komisi Komisi II Tuti N Roosdiono (F-PDIP), serta didampingi Minister Counselor Budimansyah. (rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.