Tourismpreneurship Cetak SDM Andal Industri Pariwisata

0
383

Manado, SULUTREVIEW – Upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di industri pariwisata terus dilakukan Fakultas Pariwisata Universitas Katolik (Unika) De La Salle.

Hal itu dibuktikan dengan menggelar Seminar Motivasi dan Workshop yang bertajuk “Tourismpreneurship: A way of life” pada 20 September 2017 bertempat di auditorium dan diikuti oleh seluruh mahasiswa dan Dosen Tetap Fakultas Pariwisata Unika De La Salle.

“Melalui seminar tersebut kami optimistis dapat melahirkan para lulusan yang mampu membuka usaha di bidang usaha wisata,” ungkap pemateri utama Coach Teddy Tandaju MBA.

Tak itu saja, pada kesempatan workshop kreatif ini, seluruh mahasiswa diberikan kesempatan untuk menuangkan ide bisnis dalam suatu Business Canvas Model yang telah disederhanakan agar mahasiswa dapat lebih mudah dalam memaparkan dan mengembangkan ide bisnis yang telah ada.

‘Biasanya kami para coach dan dosen Kewirausahaan Unika akan terkejut dengan ide bisnis yang dilahirkan para mahasiswa. Terkadang ide bisnis yang dipaparkan sangatlah unik dan memiliki nilai jual tinggi. Inilah inti dari Seminar Motivasi dan Workshop Tourismpreneurship yang kami gelar kali ini’, ungkap coach Tandaju yang juga saat ini adalah Dekan Fakultas Pariwisata Unika De La Salle.

Melihat hasil akhir yang mengagumkan, maka kegiatan ini perlu ditingkatkan intensitasnya. “Kami akan usahakan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap semester dan ide bisnis yang dihasilkan dapat ditindaklanjuti, tambah Tandaju.

Selang workshop dilaksanakan, para mahasiswa diberikan juga permainan kreatif yang difasilitasi oleh Christine Porajow dan Winfrit Lakoy staff Fakultas Pariwisata.

Pada kesempatan workshop kreatif ini, seluruh mahasiswa diberikan kesempatan untuk menuangkan ide bisnis dalam suatu Business Canvas Model yang telah disederhanakan agar mahasiswa dapat lebih mudah dalam memaparkan dan mengembangkan ide bisnis yang telah ada.

“Kami akan usahakan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap semester dan ide bisnis yang dihasilkan dapat ditindaklanjuti,” tambah Tandaju.

Selang workshop dilaksanakan, para mahasiswa diberikan juga permainan kreatif yang difasilitasi oleh Christine Porajow dan Winfrit Lakoy staff Fakultas Pariwisata.

Tampil sebagai pemateri utama Coach Teddy Tandaju MBA dengan materi Seminar Motivasi dan Business Canvas Model. Selanjutnya, Machiko Indriyanto MPar dengan materi The importance of being creative, dan Veronica Wongkar MPd dengan materi The ups and down of running a business.(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here