KPU Sulut Gelar Media Gathering Sukseskan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih Untuk Pilkada 2024

Foto bersama KPU Sulut, Bawaslu Sulut dan Anggita DKPP RI sesaat setelah selesai melaksanakan media gathering. Foto : ist

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengundang para awak media untuk mengikuti kegiatan media gathering dengan tema Mewujudkan Sukses Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih Dan Data Pemilih Berkualitas Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Sulut, Kenly Palouan dan digelar di Rumah Kopi K8 Manado, Rabu (10/7/2024).

Poluan dalam sambutan, menekankan pentingnya peran media dalam mendukung jalannya proses Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Media memiliki peran strategis dalam menyebarluaskan informasi yang benar dan akurat mengenai tahapan pemilu, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dan cerdas dalam Pilkada 2024″, kata Poluan.

Lebih lanjut Poluan menegaskan, tantangan yang dihadapi dalam pemutakhiran data pemilih yang terutama adalah memastikan data yang valid agar tidak berpotensi data ganda.

“Kolaborasi antara KPU, media dan masyarakat sangat penting untuk memastikan kualitas data pemilih yang akan digunakan dalam Pilkada 2024, sehingga data yang didapatkan adalah data yang akurat,” jelasnya.

Disisi lain ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sulut, Lanny Ointu berharap antara media dan KPU akan terus saling bersinergi lebih erat lagi demi terlaksananya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akurat, baik dan transparan pada tahapan pilkada 2024 di Sulawesi Utara.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh menyampaikan beberapa hal terkait pemutakhiran data pemilih.

Dirinya mengingatkan jajaran KPU, tidak hanya mengejar realisasi capaian coklit tapi juga kualitas hasil coklit tersebut.

Dia pun mengungkapkan, ada 154 saran perbaikan dari pengawas pemilu ditujukan kepada KPU Kabupaten/Kota serta jajaran di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan.

Adapun narasumber yang hadir dalam kegiatan ini, yaitu Akademisi Kepemiluan/Dekan Fisip Unsrat Dr. Ferry Liando, Anggota DKPP RI Muhammad Tio Aliansyah, Ketua Bawaslu Provinsi Sulut Ardiles Mewoh dan komisioner KPU Sulut, Salman Saelangi.(lina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.