Awaludin Umbola Ajak Pegiat Pemilu Ikut Mengawasi Pilkada 2024

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara, Awaludin Umbola saat membuka kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut 2024. Foto : Lina

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi Sulut.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan untuk para pegiat pemilu, dilaksanakan di Hotel Aston Manado dan dibuka langsung oleh Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM), Awaludin Umbola pada hari Jumat, (21/6/2024).

Umbola dalam sambutannya mengatakan pentingnya para pegiat pemilu, ormas – ormas maupun seluruh masyarakat untuk berperan aktiv dalam mengawasi jalannya setiap tahapan Pilkada tahun 2024, dirinya mengajak agar peserta yang hadir boleh terlibat langsung dalam proses pemantauan pemutakhiran data pemilih.

Menurutnya kebanyakan permasalahan yang diangkat di perselisihan hasil pemilihan umum itu pasti bermula dari data pemilih yang tidak akurat yang kemudian setelah itu diangkat dan menuju berhasil.

“Masih ingat di pemilu 2019 Daftar Pemilih Tetap (DPT) mengalami 3 kali perbaikan. Namun, di pemilu tahun 2024 tidak terjadi perbaikan DPT seperti tahun 2019 lalu, oleh karena itu saya juga mengharapkan teman – teman pegiat pemantau pemilu dapat memberikan input/dampak positif bagi kami penyelenggara pemilu,” kata Umbola.

Dirinya pun, memberikan apresiasi atas kinerja badan AdHoc di 2024 ini, yang mana menurut Umbola kerja mereka berhasil dan membuat semua data pemilih di seluruh wilayah Kabupaten / Kota relative tidak ditemukan masalah yang berat.

“Ke depan saya akan coba menggagas pemilu ramah lingkungan dengan teman – teman penggiat lingkungan di Sulut dan mudah – mudahan akan dilakukan pertemuan dalam waktu dekat ini,” tutup Awaludin Umbola.(lina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.