Minut  

Musrenbang RKP Desa Laikit 2025 Usulkan 14 Program Prioritas

Musrenbang RKP Desa Laikit 2025. Foto : ist

Minut, Sulutreview.com – Pemerintah Desa Laikit Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) Tahun 2025, di Balai Kantor Desa Laikit, pada hari Jumat (12/01/2024).

Musrenbang Desa ini dibuka langsung oleh Hukum Tua Desa Laikit, Frans Rotty Manua dan dihadiri oleh Sekcam Dimembe Iwan Senduk, Perangkat Desa, Kepala Jaga, Ketua dan Anggota BPD, Babinsa, Pendamping Desa, serta Perwakilan warga.

Frans Manua saat membuka Musrenbang desa mengatakan bahwa, kegiatan ini untuk membahas rancangan RKP Desa tahun 2025 dan daftar usulan Musdes tahun 2025.

“Kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan untuk menampung apa apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh Desa Laikit ”, ungkapnya.

Melalui kegiatan ini kata Frans Rotty Manua, masyarakat diharapkan mengajukan seluruh usulan-usulan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Sekertaris Kecamatan Iwan Senduk dalam hal ini mewakili Camat Dimembe Alfons Tintingon,Ap MSi, menyampaikan Amanat Undang-undang nomor 25 Tahun 2024 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional atau sistim Partisipatif dimana perencanaan dimulai secara Buttom Up atau dimulai dari bawah diawali dengan musrenbang jaga atau wilayah.

Selanjutnya pada bulan Maret nanti akan dilaksanakan musrenbang kecamatan di mana usulan masing-masing desa akan di bawah di kecamatan yang nantinya akan dibawa dalam musrenbang Kabupaten.

“Pada bulan Maret rencananya setelah itu akan dijalankan Kegiatan musrenbang Provinsi dan Nasional dimana musrenbang ini adalah menggali gagasan kesepahaman dan kesepakatan antar stakeholder terkait di dalamnya Pemerintah Desa, BPD bersama PKK, perwakilan perempuan, LKMD dan lainya mengusulkan program-program yang menjadi prioritas dari desa.” ucap Senduk

Lanjut dikatakan, musrenbang desa adalah kegiatan yang dilaksanakan yang tidak bisa tercover oleh Dana Desa, bisa dibiayai oleh pemerintah Kabupaten yang diusulkan melalui musrenbang Kecamatan.

” Sangat penting sekali, desa di mana usulan-usulan, ada perwakilan sebanyak 5 orang delegasi yang akan membawa mengawal usulan dari desa untuk dibawa ke musrenbang Kecamatan yang nanti akan disaring atau di filter membawa unsur-unsur yang menjadi prioritas Kecamatan nantinya akan dibawa ke Musrenbang Kabupaten diperjuangkan. Memang kalau terkait dengan Prioritas pembangunan desa memang seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya

Ditambahkan pula, memang ada beberapa kegiatan yang menjadi prioritas dari Desa nantinya akan di filter di kecamatan dan perlu sekali dari Desa mengusulkan programnya yang menjadi kebutuhan, jangan sekedar keinginan karena banyak dari masing-masing Desa hanya menginginkan keinginan yang tidak jelas arahnya.

Adapun Usulan Prioritas Musrenbang Desa Laikit Tahun 2025, diantaranya:

  1. Permintaan pembangunan jalan Hotmix Lorong Puskesdes
  2. Pengadaan Alat Tractor
  3. Pelatihan Tutor PAUD
  4. Pembuatan Jalan Masuk SD GMIM 47 Laikit
  5. Pembuatan Toilet Sekolah SD GMIM 47 Laikit
  6. Pengadaan Tempat Sampah disetiap sekolah di Desa Laikit
  7. Upah Petugas Keamanan Sekolah
  8. Pengadaan Alat-alat Olahraga
  9. Pengadaan/penyelenggaraan Pos Keamanan Desa (Honorarium Petugas Keamanan)
  10. Pengadaan Sarana Transportasi/Motor Dinas (Bentor) dalam Pemeliharaan Kebersihan dan Pengelolaan Sampah
  11. Permintaan Pembangunan Penerangan Jalan MCK
  12. Perbaikan Pembangunan MCK
  13. Pelatihan Pencegahan DBD
  14. Seragam dan Alat Tarian Sanggar

Kegiatan Musrenbang ini diakhiri dengan pembentukan tim delegasi Desa Laikit dan penandatanganan berita acara Musrenbang.
(Josh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.