Menorah Christian School Siap Cetak Generasi Unggul dan Berkualitas

Launching Manorah Christian School diawali dengan ibadah bersama peserta didik dan orang tua. Foto : Hilda M

Manado, Sulutreview.com – Pendidikan yang berkualitas dan unggul sangat penting bagi proses belajar mengajar. Demikian juga dengan Menorah Christian School (MCS) hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

Dikatakan Gembala Sidang GBI Menorah Manado, Pdt Honny Supit Sirapanji MTh, memperhatikan pendidikan anak-anak perlu dipersiapkan sejak dini. Karena langkah ini, akan menentukan masa depan.

Alkitab dalam Amsal 22:6, menuliskan ‘Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu’.

“Pendidikan anak-anak sangat penting, ibarat menanam benih yang baik, maka akan menghasilkan buah yang baik. Sama halnya, dengan membangun sebuah rumah, harus didasari dengan pondasi yang kuat,” ungkapnya saat launching MCS yang ada di Gedung GBI Menorah, Jalan Laksda John Lie, Kawasan Megamas Manado, Jumat (14/07/2023).

Bahan baku dari pendidikan, sambung Pdt Honny, juga menentukan hasil akhir. “Namun kita percaya, dengan bahan baku yang baik yang didasari iman Kekristenan, akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas,” tukasnya.

Pdt Honny juga mengingatkan, dalam mendidik dan mengasuh anak jangan mudah berputus asa.

“Jangan putus asa saat melihat seorang anak yang nakal. Karena dalam pertumbuhan, selain diberikan pendidikan, ada tangan Tuhan yang memelihara. Bahkan lebih dari yang dilakukan para guru,” ujarnya.

“Yang paling utama, adalah iman Kekristenan sejak dini yang mampu menyentuh jiwa. Dunia saat ini banyak mengajarkan berbagai hal, bahkan teknologi, tetapi tidak sampai pada jiwa,” tandasnya.

Faktor utama yang terpenting dalam pendidikan, adalah roh takut akan Tuhan. Ini yang akan mengantarkan peserta didik meraih sukses. “Ini juga berlaku bagi pendidiknya yang akan mengatarkan anak-anak meraih cita-citanya,” kata Pdt Honny.

Poin penting dalam pendidikan, lanjutnya, turut ditentukan oleh kurikulum. Yakni, sebagai tuntunan dan panutan dengan pemberian materi yang baik. “Kurikulum akan membangun anak. Apa yang kita lakukan melalui treatmen pada anak akan menentukan hari esok. Nah, wadah pendidikan yang kita rintis ini, merupakan bentuk pertolongan Tuhan, sehingga anak anak dapat memiliki basic pengetahuan yang benar,” jelas Pdt Honny.

MCS adalah sebuah ministry, yang diharapkan sebagai wadah untuk melayani dan mempersiapkan generasi berikutnya. Namun, sebaik apapun yang telah disiapkan, harus ada kerja sama dari orang tua. Hal ini tak bisa dipisahkan dari pendidikan karakter.

“Peran orang tua sangat penting. Ketika anak kembali ke rumah, orang tua juga harus memperhatikan cara asuhnya. Sekolah, gereja dan orang tua harus bersinergi, sehingga akan menghasilkan kualitas hidup yang akan mengantarkan anak menjadi berguna,” sebut Pdt Honny.

Dari semua poin penting, faktor fasilitas juga menjadi parameter yang perlu diperhatikan. Sehingga anak-anak akan merasakan nyaman.

“Untuk kebutuhan fasilitas, sekolah akan mengupayakan kenyamanan bagi anak-anak. Sehingga mereka dapat bermain dan meperoleh edukasi,” pungkasnya.

Ketua Yayasan Cahaya Menorah Manado, Pdt Stefan Sirapanji SKom, mengatakan kehadiran MCS akan menjadi cahaya yang menerangi kegelapan di tengah dunia.

“Saat mereka melihat berbagai hal yang negatif. Tetapi sekolah akan memberikan pendidikan dan pelayanan yang baik,” ucapnya.

MCS hadir, bukan hanya mengejar profit, tetapi sekolah yang merupakan anugerah Tuhan, dapat berkembang dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas, terlebih mengenal Tuhan.

Pengawas Novana Tendean MPd yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Steven Tumiwa, menyampaikan bahwa launching MCS yang ditandai dengan dimulainya pembelajaran, akan menjalankan
Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), yang di dalamnya tertuang Merdeka Belajar, Merdeka Berubah dan Merdeka Berbagi.

“Sekolah yang ada di tempat ini mempunyai Kurikulum Merdeka Belajar sehingga guru harus mengerti dengan baik, apa yang ada di dalam IKM untuk diimplementasikan.

“Menorah Christian School meski pun adalah sekolah baru, namun akan mengalami kemajuan. Peserta didiknya akan memiliki kepintaran dan kepandaian,” katanya.

Kepala Sekolah Reflin Lapian SPsi, menyampaikan MCS merupakan tempat bermain dan belajar anak yang terdiri dari kelas Playgroup, dan Kindergarten.

“MCS memiliki keunggulan berupa pendidikan yang berkualitas dalam etika, moral, sosial, akademik, serta karakter yang berbasis karakter Kristus dan menghormati otoritas seperti Tuhan, orang tua dan guru,” rincinya.

MCS juga mengunggulkan project based learning dengan Character Building, Bible Story, Physical Education, Ballet Class dan Music Class sebagai bagian dari Extra Curricular.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.