Kunjungi Unsrat, Tim Field Student University of Bologna Bahas Terumbu Karang

Rektor Unsrat Prof Betty Sompie saat berbincang dengan Prof Masimo. Foto : istimewa

Manado, Sulutreview.com – Tim dari Field Student University of Bologna, Italy yang dikoordinir Prof. Masimo dan Dr. Eva Turicchia melakukan kunjungan kerja ke Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) pada Senin (10/07/2023).

Pada forum dengan agenda kuliah umum tersebut mengangakat topik “Kesehatan Terumbu Karang di Sulawesi Utara.”

Kuliah ini bertujuan untuk menjelaskan topik kritis tentang kesehatan terumbu karang dan signifikansinya terhadap ekosistem laut di Sulawesi Utara.

Prof. Ponti dan Dr. Turicchia berbagi hasil penelitian, wawasan dan pengalaman mereka terkait kesehatan terumbu karang dan upaya konservasi.

Pada sesi ini, mencakup berbagai aspek, termasuk keadaan terumbu karang di Sulawesi Utara saat ini, dampak aktivitas manusia, dan strategi potensial untuk pelestariannya.

Suasana pembahasan terumbu karang

Rektor Universitas Sam Ratulangi, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng dengan hangat menerima kunjungan dari Prof. Masimo dan Dr. Eva Turicchia dari Field Student University of Bologna, Italy.

Diketahui, Sulawesi Utara sebagai wilayah kepulauan ternyata merupakan surga terumbu karang yang merupakan salah satu potensi sumber kemaritiman atau sumber daya laut.

Terumbu karang atau batuan sedimen kapur di laut secara fisik terbentuk dari kapur yang sebagian besar dihasilkan dari koral. Saat ribuan koral membentuk koloni, maka akan tercipta sebuah karang.

Terumbu karang menjadi tempat berlindung banyak sekali makhluk hidup. Terumbu karang memegang peranan penting sebagai tempat mencari makan, berkembang biak, dan tempat tinggal berbagai biota laut.

Terumbu karang menjadi tempat organisme biota laut bertahan hidup. Terumbu karang memiliki manfaat yang cukup vital bagi kehidupan ikan. Itulah alasan mengapa terumbu karang menjadi ekosistem yang menunjang kehidupan.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.