Bitung  

Miras masih Mendominasi Pemicu Terjadinya Kriminalitas & Lakalantas di Bitung

Bitung, Sulutreview.com– Pengaruh Minuman Keras nampaknya masih menjadi momok sebagai pemicu terjadinya kriminalitas di Kota Bitung Sulawesi Utara.

Data diperoleh untuk tahun 2022, dari 1.415 kasus kriminal yang terdata di Polres Bitung. Hampir 100 persen dilatarbelakangi pengaruh alkohol Miras (Minuman Keras).

Hal ini terungkap pada pemaparan Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan SIK SH MH dengan kalangan wartawan di Kota Bitung pada kegiatan akhir tahun Bakudapa Bersama Polres Bitung Dengan Tema “Curhat Jo denga Torang Baku Malendong Jaga Bitung Tetap Aman” pada Jumat (30/12/2022) di salah satu Cafe di wilayah Girian.

Kapolres menambahkan bahwa kasus kriminalitas di Kota Bitung di tahun 2022 ini, bisa dikatakan meningkat.

Pasalnya di tahun 2021 jumlah kasus kriminalitas sebanyak 1.357 yang hampir seratus persen kasus penganiayaan sedangkan tahun 2022 ini terbanyak adalah pembunuhan.

“Untuk itu, saat ini dan tahun depan operasi Miras akan terus berlanjut untuk meminimalisir terjadinya kriminalitas yang berujung pada kematian,” paparnya.

Lebih lanjut soal Kecelakaan Lalu Lintas yang dipaparkan Kasat Lantas AKP Awaludin Puhi SIK bahwa tahun 2022 jumlah laka lantas 165 dan tahun 2021 ada sebanyak 141 kasus kecelakaan lalu lintas.

Dari kecelakaan tersebut, ada beberapa faktor sering terjadinya kecelakaan diantaranya salah jalur, tidak jaga jarak serta minimnya kesadaran untuk memakai helm bagi pengendara roda dua dan kesemuanya dalam hal terjadinya kecelakaan lagi-lagi Miras masih menjadi pengaruh besar terjadinya kecelakaan

Dan untuk pengungkapan kasus Narkoba pengungkapan 24 Kasus di sepanjang tahun 2022 ini.

Selain itu juga ada beberapa pertanyaan dan harapan dari beberapa insan Pers yang kesemuanya menyimpulkan kedepan pelayanan dan pengungkapan Kasus di Polres Bitung agar lebih profesional dan Presisi.

Hadir juga dalam acara Curhat bersama wartawan yaitu Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Marselus Yugo Amboro, SIK. Kasat Samapta Polres Bitung AKP Julianus korompis. Kasat Intelkam IPTU Reymond O.Sendewana, SH. KBO Sat Samapta IPTU Tuege Darus, S.Sos. Kasi Propam Polres Bitung IPTU Abdulnatif Anggai dan Kasi Humas Polres Bitung IPDA Iwan Setiyabudi,S.Sos.(zet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.