Webinar Dies Natalis ke 61 FEB Unsrat Bahas Ketenagakerjaan dan Perekonomian

Dies Natalis ke-61 FEB Unsrat diwarnai kegiatan webinar
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Peringatan Dies Natalis ke-61 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain kegiatan webinar pada Rabu (22/09/2021).

Webinar nasional tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yakni, Sekretaris anggota Watimpres, Prof Devanto S Pratomo SE MSi PhD, Guru Besar FEB Universitas Brawijaya dan Robert Najoan SE.Ak, yang adalah Sekretaris DPD Aprindo Sulawesi Utara.

Bacaan Lainnya

Sejumlah topik menarik, seperti Ketenagakerjaan di Tahun Kedua Pandemi, Tantangan dan Harapan, yang dilaksanakan dengan media zoom meeting, dihadiri oleh dosen, praktisi bahkan mahasiswa, sekitar 350 peserta, demikian yang dilaporkan oleh Dr Hj Sri Murni, MSi, yang merupakan Koordinator Sie Seminar.

Prof Devanto pada kesempatan istimewa ini, mengatakan bahwa secara makro perekonomian Indonesia walau bukan yang terbaik namun bukan juga yang terburuk. “Dari sisi pemulihan ekonomi, Indonesia berada dibawah Vietnam dan Cina,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, khususnya dari sisi ketenagakerjaan memang terdampak bertambahnya 2.67 juta pengangguran padahal sejak 2005-2019 pengangguran terus menurun.

“Yang menarik angkatan kerja wanita bertambah lebih besar daripada pria, namun perlu diperhatikan kemungkinan ibu rumah tangga yang dahulunya tidak bekerja sekarang harus turut bekerja untuk menghidupi keluarga,” sebutnya.

Webinar Nasional yang pertama dalam rangka Dies Natalis ke-61 FEB Unsrat, dibuka Dekan FEB Unsrat Dr Debby Christina Rotinsulu SE MSi.

Dia mengatakan bahwa saat ini, dunia telah memasuki tahun ke dua pandemi Covid-19, namun seluruh civitas diingatkan untuk tetap bersyukur.

“Sampai sejauh ini, kita masih bisa melakukan aktivitas walaupun lewat perangkat elektonik antara lain dengan menggunakan apliaksi zoom seperti webinar hari ini,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

Seminar diawali dengan doa oleh Victorina Z. Tirayoh, SE, MM, Ak, CA., Stanley Kho Walandouw sebagai MC penuntun acara yang juga adalah wakil ketua panitia Dies Natalis ke-61.

Sementara yang menjadi moderator adalah Joy Elly Tulung, SE., MSc., PhD., seorang dosen FEB Unsrat, yang memperoleh jenjang S3 pada SKEMA Business School France.

Sekretaris DPD Aprindo Sulawesi Utara, Robert Najoan SE Ak, lebih menekankan pada keadaan mikro berbicara tenaga kerja Provinsi Sulawesi Utra yang terkena dampak langsung oleh pandemic Covid-19, tetapi tetap bersemangat dan berharap keadaan perekonomian akan kembali pulih.

Selanjutnya, untuk penyerahan e- sertifikat secara online kepada narasumber & moderator diserahkan oleh Ketua Panitia Dr. Jenny Morasa, SE., MSi., Ak., CA.

Webinar ini ditutup dengan doa oleh Dr. Jessy Warongan, SE.,MSi., Ak., CA dan ucapan terima kasih oleh sekretaris panitia Dr. Rudy Wenas, SE., MM.

“Suksesnya webinar hari ini berlangsung 3 jam, merupakan kerja keras dan kerja sama dari seluruh panitia dan dukungan penuh oleh Dekan FEB Unsrat. FEB bersama Never 61ve Up,” katanya. (srv)

banner 300x250