Tim Pengabdian FEB Unsrat Berdayakan Nelayan Desa Tateli Tiga

Tim Pengabdian FEB Unsrat yang dikoordonir Dr, Jenny Morasa, SE.MSi.Ak.CA, mengajak para nelayan tetap semangat dalam era pandemi. Foto : istimewa
IMG-20210818-WA0009

Tateli, Sulutreview.com – Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sama Ratulangi (Unsrat) Manado, bekerja sama dengan LPPM Unsrat melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat kepada para nelayan di Desa Tateli Tiga Kabupaten Minahasa, Senin (6/09/2021).

Para nelayan terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari. Walaupun di tengah kesibukan, namun beberapa dari mereka menyempatkan diri untuk hadir.

Hukum Tua Desa Tateli Tiga, Stanly Gumalang dan sekretaris Desa serta beberapa perangkat Desa Tateli Tiga hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Hukum Tua Desa Tateli Tiga, dengan prokes yang ketat.

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk diskusi dengan para nelayan dan perangkat desa.

Pada kesempatan itu, Dr, Jenny Morasa, SE.MSi.Ak.CA, mengajak para nelayan tetap semangat dalam era pandemi, di mana potensi harus bisa dikembangkan. Hal itu penting untuk membantu keuangan keluarga dengan memberdayakan ketrampilan yang dimiliki, terutama para nelayan harus bisa menjual dengan menggunakan fasilitas online menggunakan media dalam jaringan dan menggunakan cool box yang baik sehingga hasil tangkapan berupa ikan akan sampai kepada konsumen atau pembeli dalam keadaan segar.

“Dampak sosial ekonomi akibat pandemi, banyak yang kehilangan pendapatan, penurunan daya beli, serta terganggunya aktivitas usaha. Maka para nelayan harus mampu mempertahankan pendapatan dalam menghidupi keluarga melalui ikan ikan dari hasil tangkapan,” sebut Morasa.

Hukum Tua Desa Tateli Tiga Stanly Gumalang sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa khususnya para nelayan yang hadir dan berharap desa Tateli Tiga Kabupaten Minahasa akan tetap dipilih kembali untuk diadakan kegiatan di tahun mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan ini Izaac Runtulalo, yang adalah masyarakat Desa Tateli Tiga.

Kegiatan pengabdian ini juga melibatkan beberapa mahasiswa jurusan akuntansi yang sementara menyusun skripsi, Archindo Gregorius Sumampouw, Riena Rambi dan Rizky Tongian.

Menurut Riena, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk mereka yang akan bekerja nanti setelah menjadi Sarjana Ekonomi.

Syermi Mintalagi, SE.,MM., selaku anggota tim dalam pengabdian ini juga mengingatkan kepada yang hadir, agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, seperti pelaksanaan PKM ini mengikuti protokol kesehatan, salam sehat, tetap semangat, tetap berdoa.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada, Hukum Tua dan Sekretaris Desa Tateli Tiga dan perangkat desa, Steidy Lamia dan para nelayan, juga pak Izaac Runtulalo yang hadir dalam kegiatan ini.

Ikut hadir dalam kegiatan ini juga sebagai pemateri adalah Dr. Rita Taroreh, SE.MPd ., Lidia Marlina Mawikere, SE.MSi.Ak.CA., dan Sherly Pinatik, SE.MSA.Ak.CA.(eda/*)

banner 300x250