Walikota Maurits Mantiri Lantik Pengurus Dekranasda Kota Bitung Periode 2021-2024

IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com– Selasa (31/08/2021) Wali Kota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar, melantik Pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) periode tahun 2021-2024 yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Walikota Bitung. Dalam pelantikan tersebut, Ny Rita Mantiri Tangkudung bersama Ny Ellen Honandar Sondakh resmi dilantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Kota Bitung periode 2021-2024.

Lantas? Apa yang disampaikan Wali Kota pada acara pelantikan Dekranasda tersebut. Berikut ini ulasanya. Dimana pada sambutan Wali Kota mengingatkan soal tujuan dan fungsi Dekranasda yakni memperhatikan serta memperjuankan kepentingan pengusaha kecil, perajin dan seniman dengan semangat kewiraswastaan.

Bacaan Lainnya

“Kami harap, pengurus yang baru dilantik selama satu bulan ini fokus dengan perkuatan data biar tahu ada berapa pengrajin dan klasifikasi jenis produksinya,” kata Maurits.

Kata dia, agar jelas arah dan tujuan program kerja yang nantinya akan diterapkan Dekranasda Kota Bitung sehingga tidak hanya terkesan pencitraan yang hanya sia-sia. “Jika data lengkap, maka akan memudahkan kita untuk bekerja serta menentukan sasaran yang ingin dicapai,” katanya.

Maurits juga mengingatkan soal produk pengrajin agar kontinyu, jangan sampai disaat ada permintaan dari konsumen, stok tidak ada. “Saat ini staf khusus sementara menjejaki platform alibaba untuk membantu produk-produk UKM termasuk dari para pengrajin Kota Bitung,” katanya.

Untuk itu, dirinya bersama Wakil Wali Kota Hengky Honandar SE berharap penuh pengurus Dekranasda Kota Bitung betul-betul menjalankan tugas dan fungsinya dalam membantu pengrajin.
“Road Map harus ada, tujuannya harus jelas agar kehadiran Dekranasda betul-betul dirasakan manfaatnya,” katanya.

Hadir juga dalam pelantikan itu, sejumlah perwakilan organisasi perempuan di Kota Bitung serta pejabat Pemkot Bitung seperti Kepala Dinas Perdagangan, Benny Lontoh yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Dekranasda Kota Bitung.


Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Bitung Ir Rita Mantiri Tangkudung dalam sambutanya mengatakan, bahwa pihaknya mengucap syukur kepada Tuhan.

Karena anugerah dan penyertaan dari Tuhan, sehingga kita ada di tempat ini untuk mengikuti pelatihan tali kur, yang dilaksanakan ya ini awal pelantikan dengan melaksanakan pelatihan tali kur bagi ibu-ibu, semua perlu diketahui pelatihan ini kami laksanakan 2 hari untuk hari ini jadwal dari Kecamatan Ranowulu, Matuari Girian dan Madidir dan 4 Kecamatan lainnya Lembeh Utara-Selatan Maesa Aertembaga akan dilaksanakan besok ditambah juga dengan gabungan organisasi wanita yang ada di kota Bitung mereka dijadwalkan untuk besok.


Adapun pelatihan ini, dibuat. Agar supaya ibu-ibu khusus dari ibu ibu ya tapi tidak menutup kemungkinan juga bapak-bapak yang suka dengan pelatihan tali kur agar supaya ibu-ibu boleh berkreasi ya, daripada duduk-duduk di rumah.

Lebih jauh Rita mengatakan bahwa apa lagi di masa pandemi covid 19 di ada seluas 5 m mengurangi mobilitas agar supaya torang ndak bawa virus kalau seandainya atau tolong tumbuhan dengan isolasi ada kegiatan kegiatan yang boleh dilakukan untuk mengisi waktu, biasanya ibu ibu ketika selesai mempersiapkan kebutuhan pekerjaan di rumah.

Selain itu, kata Rita bahwa dengan kita mengisi waktu luang, ketika isolasi boleh membuat tali kur ini dan juga nanti boleh supaya bisa diteruskan kepada ibu-ibu yang lain ya kami memang membatasi 1 Kelurahan untuk 1 peserta, “mengingat masa Pandemi covid 19 ini, nanti mungkin ibu-ibu bisa meneruskan ya di Kelurahan Kelurahan masing-masing dan Kita tahu bersama bahwa untuk pelatihan tali kur ini merupakan juga dari ya kerjasama dengan Dinas Perdagangan dan dinas apa dekranasda Kota Bitung,” pungkasnya.(zet)

banner 300x250