Edison Humiang: Penertiban Lahan KEK Bitung Ditunda

IMG-20210818-WA0009

Drs Edison Humiang MS.i, saat konfrensi Pers. (foto tangkapan layar konsultasi pelayanan publik)

Bitung, Sulutreview.com– Rencana penertiban Lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berada di perbatasan Kelurahan Manembo-Nembo dan Sagerat Kecamatan Matuari Kota Bitung Sulawesi Utara (Sulut) yang sudah ditetapkan pada Kamis (22/07/2021) akhirnya mengalami penundaan.

Bacaan Lainnya

Diperoleh kabar, penundaan penertiban lahan KEK ini dikarenakan masih adanya Pandemi Covid-19 apalagi saat ini Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih terus berlangsung.

Asisten 1 Pemerintah Provinsi Sulut (Pemprov) Drs Edison Humiang MS.i saat melakukan konfrensi Pers membenarkan bahwa penertiban lahan KEK Bitung untuk saat ini Ditunda. “Ya penertiban telah ditunda, mengingat masih dalam suasana PPKM,” ujar mantan Sekda Kota Bitung ini didampingi Asisten 1 Pemkot Bitung Julius Ondang MS.i kepada sejumlah wartawan

Menurutnya dengan adanya penundaan ini, bukan berarti penertiban akan berhenti. Akan tetapi hal ini akan terus berlanjut dan akan kembali dilakukan penjadwalan dalam hal penertiban lahan KEK. “Ya pokoknya dalam waktu dekat penertiban akan dilakukan, apalagi alat-alat berat sudah stand bye di wilayah KEK tersebut,” ujarnya.

Humiang menambahkan bahwa lokasi KEK ini, tujuannya adalah mengsejahterakan masyarakat, karena ini pelaksanaan pnertiban ini penting dalam rangka proyek strategis Nasional karena investasi di lahan KEK ini ada ratusan triliun,

Maka menjadi penting, adanya dukungan masyarakat dalam rangka pengembangan sektor ekonomi di lahan KEK demi kemajuan Bitung dan Sulut.

Untuk itu, kata Humiang. Jangan sampai ada oknum-oknum yang menghambat. “Sebab saat ini, pihak Direskrim Umum Polda Sulut, sudah melakukan penyelidikan apalagi sudah ada target oknum-oknum saksi-saksi pada dugaan penyerobotan lahan dan juga kemudian status ini akan ditingkatkan menjadi penyidikan,” terangnya.

Menurutnya alat-alat berat sudah berada di wilayah KEK. Dan kedepan pihaknya akan melakukan penertiban dengan menggunakan alat berat dan dengan pengamanan lengkap.

“Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat yang masih ada di lahan KEK agar supaya dapat segera meninggalkan lokasi lahan KEK,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya meminta kepada warga yang ada di Lahan KEK agar dapat mengerti dengan hal ini, mengingat lahan itu, adalah lahan Negara untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan karena akan ada proyek Nasional di lahan KEK Bitung ini.(zet)

banner 300x250