Unsrat Berlakukan BDR di Masa PPKM

IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) atau Bekerja Dari Rumah (BDR) selama masa pandemi, tepatnya saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Meski tidak hadir secara fisik akibat kegiatan akademik yang juga diterapkan secara virtual, namun aktivitas BDR tetap mengedepankan disiplin, dengan waktu secara penuh selama 12 hari kerja, yakni mulai 5 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021.

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA menyampaikan kebijakan yang diberlakukan tetap akan dievaluasi. Artinya, seiring berjalannya waktu PPKM akan ditinjau kualitas dari hasil kerja BDR.

“Pastinya akan dievaluasi apakah Bekerja Dari Rumah ini sudah sesuai dengan situasi dan keadaan yang ada. Terlebih seberapa jauh kendala dan manfaatnya,” sebut Prof Kumaat, Kamis (15/7/2021).

Pemberlakuan WFH atau BDR telah diatur sedemikian rupa, yakni di unit kerja masing-masing oleh pimpinan satuan kerja. Selanjutjya, secara berjenjang akan dilaporkan.

“Kemajuan dan perkembangan Work From Home, tetap dipantau. Sejauh mana efektivitasnya,” kata Kumaat kembali sembari menambahkan untuk kelangsungan kegiatan kedinasan, ditiadakan atau ditunda sampai waktu yang ditetapkan.

“Kegiatan tatap muka secara fisik yang biasanya diselenggarakan di hotel juga, untuk saat ini ditiadakan, dan digantikan secara daring,” sebutnya.

“Jika ada kegiatan yang bersifat penting dan mendesak, pastinya ada kebijakan tersendiri. Namun pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” tandasnya.

Sebelumnya, pada 21 Juni 2021 Unsrat sudah mengeluarkan pemberitahuan WFH atau BDR, yang merupakan tindaklanjut Surat Edaran Sekretaris Jendral Kemendikbudristek Nomor 9 Tahun 2021 Tanggal 18 Juni 2021 yang berisikan tentang pembatasan kegiatan fisik di lingkungan Unsrat selama 10 hari kerja yakni 21 Juni sampai dengan 2 Juli Tahun 2021. Di mana yang menjalankan kedinasan di kantor paling banyak 25 persen dari jumlah pegawai pada unit kerja dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

 “Unsrat sudah 2 kali mengeluarkan edaran. Dan sudah  diumumkan resmi melalui link civitas Unsrat ,” kata Prof Kumaat.

Diketahui, pemberlakuan WFH atau BDR merupakan langkah pencegahan dan penanganan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).(eda)

banner 300x250