Tim FEB Unsrat Berdayakan UKM di Masa Pandemi

Program Kemitraan kepada warung makan Aldi dan beberapa UKM yang ada di Kelurahan Karombasan Selatan.
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) di tengah pandemi Covid-19, sangat menentukan kelangsungan perekonomian daerah.

Terkait hal tersebut, Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) bekerja sama dengan LPPM Unsrat melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat. Khususnya kepada warung makan Aldi dan beberapa UKM yang ada di Kelurahan Karombasan Selatan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan khusus kepada pemilik warung makan Aldi sampai dengan awal Juni 2021.

Selain para UKM yang hadir, Deesye Tulenan Lurah Karombasan Selatan, Nelson Lesi Kepala Lingkungan 4, dan Ketua Dasawisma Jein Watuseke, turut serta dalam kegiatan ini, yang dilaksanakan pada Sabtu (22/5/2021).

Dalam kegiatan ini Lady Diana Latjandu, mengajak para UKM tetap semangat dalam menghadapi era adaptasi kebiasaan baru, di mana potensi UKM sangat diandalkan bisa menopang perekonomian dan bisa bertahan dalam usaha yang ada, terlebih dengan adanya bantuan dari pemerintah, hampir semua sektor terdampak pandemi Covid-19.

“Stimulus pemerintah diberikan untuk membantu UKM agar bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Kebangkitan UKM di masa pandemi covid-19 diyakini mampu mempercepat pemulihan ekonomi daerah, yang dimulai dengan meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga UKM. Diharapkan tetap semangat dalam menghadapi pandemi ini, bisa melewati keadaan ini, dan berharap bisa cepat selesai sehingga beraktivitas seperti semula,” ungkap Lady.

Salah seorang ibu mewakili UKM yang hadir Yudhi Jostein, sangat tertarik dengan apa yang disampaikan dan menanyakan tentang bagaimana cara bisa mempertahankan usaha kecil kecilan sebagai penjual kue di masa era adaptasi kebiasaan baru.

“Tetap pempertahankan kepercayaan yang diberikan dengan mempertahankan rasa, sehingga konsumen akan tetap membeli atau memesan kue atau makanan yang dijual,” jawab Latjandu.

Deesye Tulenan Lurah Karombasan Selatan sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam hal ini UKM yang hadir dan berharap Karombasan Selatan akan tetap dipilih kembali untuk diadakan kegiatan seperti ini.

Kegiatan PKM berjalan dengan penuh keakraban dan ditutup makan bersama di warung makan Aldi, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa jurusan akuntansi Rizky Tongian dan Gabriela Jacobus. Menurut Rizky mahasiswa semester 6, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk mahasiswa.

Di akhir pelaksanaan kegiatan pengabdian yang bertema “Peningkatan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Kearifan Lokal pada UKM Warung Makan Aldi Karombasan Selatan Kota Manado”, Jenny Morasa sebagai anggota tim, mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah hadir, Lurah Karombasan Selatan, Kepala Lingkungan 4, para pelaku UKM, terutama warung makan Aldi yang telah menyiapkan tempat untuk dilaksanakan kegiatan ini.

Morasa mengingatkan kepada semua yang hadir, agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, memakai masker, tetap jaga jarak dan rajin mencuci tangan, seperti pelaksanaan PKM ini mengikuti protokol kesehatan, salam sehat, tetap semangat dan tetap berdoa.

Turut hadir, Lidia Mawikere, Syermi Mintalangi dan BS Narasiang, adalah pendamping dan sekaligus sebagai narasumber.(srv)

banner 300x250