Menteri Investasi BKPM Terlihat Kagum Hal Ini di Terminal Petikemas Bitung

IMG-20210818-WA0009

 

Bitung, Sulutreview.com– Tak hanya mengapresiasi akan kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Pelabuhan Petikemas, di Kota Bitung Sulawesi Utara (Sulut). Akan tetapi, ada beberapa hal yang berkesan dari pantauan Menteri Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, usai Menteri Bahlil Lahadalia mengecek kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah Kelurahan Manembo-nembo Kota Bitung. Dirinya didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Walikota Maurits Mantiri MM serta Wakil Walikota Hengky Honandar serta rombongan Menteri dan Gubernur bergerak menuju Pelabuhan Terminal Petikemas Bitung (TPB).

Terpantau wartawan, saat tiba di dalam Pelabuhan Petikemas Bitung, Menteri dan rombongan langsung disambut oleh General Manager (GM) Pelabuhan Petikemas Alex Sitorus SE MM serta GM Pelindo IV dan Kepala KSOP Bitung Bapak Wembley Wetik MS.I dan langsung Menteri menatap kearah laut menatap langsung akan Pulau Lembeh yang terlihat dirinya sangat kagum dengan Pulau Lembeh tersebut.

Tak hanya itu saja, saat dirinya bercakap-cakap dengan Gubernur dan Walikota kemudian GM Petikemas Bitung Alex Sitorus MM menunjukan bahwa di Pulau Lembeh ada monumen Pesawat terbang yang dahulunya memang sempat ada pesawat yang mendarat di Pulau Lembeh tersebut. “Dengan adanya pulau lembeh yang mengapit Pelabuhan Petikemas Bitung ini membuat cuaca sangat tenang dan minim terjadi pendangkalan,” jelas Alex Sitorus.

Gubernur Olly Dondokambey pun, memberikan informasi bahwa di Bitung ini ada Air Prang tempat para tentara dulu mengambil logistic air bersih. “Wah sangat unik yah di Bitung ini,” kata Menteri dalam percakapan di tepi dermaga.

Selain itu, Menteri melihat ada Kapal-Kapal Ikan yang berjejer terparkir dan menanyakan kepada Walikota. Kemudian Walikota dan disambung oleh Gubernur memberikan penjelasan kenapa sampai masih ada Kapal Perikanan yang parkir pinggiran Pulau Lembeh tersebut sambil tersenyum simpul.

Percakapan pun berlanjut, sampai soal status Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Bitung yang dulunya Kelas 1 turun menjadi kelas II yang disampaikan Walikota dan Gubernur dan membuat Menteri akan mencari solusinya.(zet)

banner 300x250