Tim FEB Unsrat Gali Potensi IRT Winenet Satu Kota Bitung

Tim FEB Unsrat mendorong IRT Winenet Bitung untuk mengetahui potensinya
IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com – Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sama Ratulangi (Unsrat) bekerja sama dengan LPPM Unsrat melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat kepada ibu-ibu rumah tangga (IRT) di Kelurahan Winenet Satu Kota Bitung, Sabtu (5/6/2021).

IRT yang hadir sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hari, walaupun di tengah kesibukan, mereka masih menyempatkan waktu.

ikut hadir, lurah Winenet Satu Novel Darondo, SE., dan Sekretaris Christiany Sugiyanto, serta Lurah Winenet Dua Syul Y.N. Dotulong, SP., dan Sekretaris W. J. Sinadian, SE.

Kegiatan diawali dengan doa oleh ketua PKK Jenny Rakian dan ditutup dengan doa oleh Lurah Winenet Dua Syul Dotulong, SP., pelaksanaan kegiatan bersamaan dengan tim PKM yang diketuai oleh I Gede Suwetja, SE.,MM.,Ak.

Ketua tim Anneke Wangkar, SE.MM.Ak.CA, mengajak IRT tetap semangat dalam era adaptasi kebiasaan baru, di mana diperlukan potensi dalam mengurus rumah tangga.

Pemberdayaan bagi IRT adalah proses motivasi untuk mendorong mereka agar dapat mengelola keuangan keluarga dari kegiatan-kegiatan yang dapat memperbaiki kondisi keuangan keluarga, dengan cara mengembangkan kemampuan diri sendiri, serta meningkatkan pengetahuan ketrampilan. Terutama memanfaatkan sumber daya melalui serangkaian kegiatan yang dapat menambah penghasilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Menurut Wangkar, kebutuhan hidup keluarga dibagi dua, yakni kebutuhan jasmani seperti pangan, sandang dan lainnya.

Kebutuhan rohani, seperti pendidikan, agama, kasih sayang, hiburan, dan lainnya. Setiap keluarga tentunya menginginkan kebutuhan jasmani dan rohani dapat terpenuhi secara seimbang. Karena keseimbangan pemenuhan kedua kebutuhan tersebut berkaitan dengan kebahagian dan kesejahteraan keluarga. Pengelolaan keuangan keluarga sangat memerlukan keterampilan untuk mengatur pengeluaran uang dengan baik.

Dengan belajar mengelola uang keluarga kita dapat belajar cara mengambil keputusan berdasarkan skala prioritas sesuai kondisi masing-masing keluarga.

“Kita dapat memprioritaskan kebutuhan yang sangat penting dan kurang penting, sehingga harapan ada uang yang tersisa untuk masa depan dengan cara menabung,” ungkap Lady Diana Latjandu salah satu pemateri.

Lurah Winenet Satu Kota Bitung sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya IRT dan berharap Kelurahan Winenet Satu akan tetap dipilih kembali untuk diadakan kegiatan seperti ini.

Kegiatan pengabdian ini juga melibatkan beberapa mahasiswa jurusan akuntansi, Meicelin Tangka, Madelin Ole, Olivia Gultom, Gabrriela Jacobus, dan Julius Nazario Sigar yang dalam tahun ini akan selesai studi menjadi Sarjana Ekonomi. Menurut Julius, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk mereka akan bekerja nanti setelah menjadi Sarjana Ekonomi.

Selain Treesje Runtu, yang adalah anggota tim, Dr. Imelda Ogi dan Dr. Jenny Morasa, ikut hadir sebagai pemateri dalam pengabdian ini.

Treesje Runtu mengingatkan kepada IRT yang hadir, bahwa selalu memperhatikan kebiasaan baru, jangan lupa memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan, seperti pelaksanaan PKM ini mengikuti protokol kesehatan, salam sehat, tetap semangat dan tetap berdoa, dan mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah hadir dalam pelaksanaan Pengabdian Kemitraan Masyarakat, khusus kepada Lurah Winenet Satu dan Lurah Winenet Dua, beserta perangkat Kelurahan dan kepada para pemateri yang sudah meluangkan waktu menjadi pemateri dalam kegiatan ini.(eda/*)

banner 300x250