Tim FEB Unsrat Beri Penguatan UMKM Winenet Satu Kota Bitung

Tim FEB Unsrat melaksanakan pemberdayaan UMKM di Winenet Bitung
IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com – Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) bekerja sama dengan LPPM Unsrat melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid -19 di Kelurahan Winenet Satu Kota Bitung, Sabtu (5/6/2021).

Para UMKM yang hadir sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan sejak pagi, walaupun di tengah kesibukan, mereka menyiapkan waktu untuk hadir.

Lurah Winenet Satu Novel Darondo, SE., dan Sekretaris Christiany Sugiyanto, serta Lurah Winenet Dua Syul Y.N. Dotulong, SP., dan Sekretaris W. J. Sinadian, SE., ikut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Winenet Satu Kota Bitung.

Kegiatan diawali dengan doa oleh ketua PKK Jenny Rakian dan ditutup dengan doa oleh Lurah Winenet Dua Syul Dotulong, SP., pelaksanaan kegiatan pengabdian ini bersamaan dengan tim PKM yang diketuai oleh Anneke Wangkar, SE.,MM.,Ak.

Lady Diana Latjandu sebagai anggota tim menjelaskan bahwa yang mempunyai penghasilan/ pendapatan bruto ( bruto artinya pendapatan sebelum dikurangi biaya-biaya ) kurang dari Rp 4.800.000.000,- dalam satu tahun atau kurang Rp. 400.000.000,- perbulan disebut UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah ).

“Hampir semua sektor terdampak pandemi covid-19, maka dibutuhkan adaptasi kebiasaan baru, yang harus dilakukan yaitu adaptasi biaya, akan muncul biaya yang baru atau meningkat kuota internet merupakan kebutuhan utama di masa pandemi,” kata Latjandu.

Menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19, sebut Latjandu juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM.

“Krisis ekonomi yang dialami UMKM tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional,” ujarnya.

“UMKM memiliki banyak kendala yaitu keterbatasan modal kerja, sumber daya manusia yang rendah, penurunan penjualan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan kurangnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambah Dr. Imelda Ogi sebagai pemateri.

Novel Darondo, SE., mengapresiasi kegiatan pengabdian ini, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya UMKM dan tetap berharap Kelurahan Winenet Satu Kota Bitung akan dipilih kembali menjadi tempat dilaksanakan kegiatan seperti ini.

Kegiatan pengabdian ini juga melibatkan beberapa mahasiswa jurusan akuntansi, Eunike Palendeng, Madelin Ole, dan Riena Rambi, Larrys Salim, Julius Nazario Sigar yang dalam tahun ini akan selesai studi menjadi Sarjana Ekonomi.

Menurut Julius, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk mereka yangvakan bekerja nanti setelah menjadi Sarjana Ekonomi.

Gede Suwetja, SE.MM.Ak, mengingatkan kepada semua yang hadir, bahwa selalu memakai masker, tetap menjaga jarak dan mencuci tangan, seperti pelaksanaan PKM ini mengikuti protokol kesehatan, serta sebagai ketua tim mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah hadir dalam pelaksanaan Pengabdian Kemitraan Masyarakat, khususnya kepada Lurah Winenet Satu dan Lurah Winenet Dua, beserta perangkat Kelurahan dan kepada para pemateri Lidia Marlina Mawikere, SE.MSi.Ak.CA., Dr. Imelda W.J. Ogi, SE.MM., dan Anneke Wangkar, SE., MM., Ak., CA., yang sudah meluangkan waktu menjadi pemateri dalam kegiatan ini.(srv/*)

banner 300x250