Tim FEB Unsrat Bangkitkan Semangat Kelompok UMKM Kasawari Bitung

Tim FEB Unsrat buka wawasan pelaku UMKM Kasawari Bitung. Foto : istimewa
IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com – Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) bekerja sama dengan LPPM Unsrat melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Kelompok UMKM di Kelurahan Kasawari Bitung pada hari Sabtu (5/6/2021).

Para pelaku UMKM sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada sore hari, walaupun ditengah kesibukan, mereka menyempatkan diri untuk hadir.

Lurah Kasawari Masye Rumajar, SE., dan Perangkat Kelurahan Kasawari serta Lurah Winenet Dua Syul Y.N. Dotulong, SP., ikut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Kasawari Kota Bitung, yang diawali dengan doa oleh Lurah Winenet Dua Syul Dotulong, SP., dan ditutup dengan doa oleh Gembala GPdI Makawidey,
Masye Tewal.

Pelaksanaan kegiatan bersamaan dengan tim Pengabdian yang diketuai oleh Dr. Jullie J. Sondakh, SE.MSi.Ak.CPA.CA.

Sherly Pinatik, SE.MSA.Ak.CA, sebagai ketua tim menjelaskan bahwa yang mempunyai pendapatan bruto kurang dari Rp 4.800.000.000,- dalam satu tahun atau kurang Rp. 400.000.000,- perbulan disebut UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah ). Krisis ekonomi yang dialami UMKM tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional.

“UMKM memiliki banyak kendala yaitu keterbatasan modal kerja, sumber daya manusia yang rendah, penurunan penjualan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan kurangnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelas Pinatik.

Jullie J. Sondakh salah satu pemateri, menambahkan bahwa dalam kondisi pandemi seperti ini, para pelaku UMKM harus mampu merespons perubahan-perubahan perilaku dan pola konsumen. Seperti saat ini konsumen lebih memilih untuk belanja secara online.

“Perubahan perilaku konsumen dengan membatasi interaksi fisik dan mengurangi aktivitas yang dilakukan di luar rumah. Hal ini tentunya memberi peluang yang besar kepada para pelaku UMKM khususnya yang sudah terhubung dengan ekosistem digital untuk bertahan atau bahkan melaju atau berkembang di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Sondakh.

Kondisi saat ini merupakan momentum yang tepat bagi Indonesia untuk melakukan percepatan digitalisasi UMKM. Masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku UMKM.

Lurah Kasawari Kota Bitung sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para UMKM dan berharap Kelurahan Kasawari akan tetap dipilih kembali untuk diadakan kegiatan seperti ini.

Kegiatan pengabdian ini juga melibatkan beberapa mahasiswa jurusan akuntansi, Riena Rambi, Meicelin Tangka, Olivia Gultom, Gabrriela Jacobus, dan Julius Nazario Sigar yang dalam tahun ini akan selesai studi menjadi Sarjana Ekonomi.

Menurut Julius, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk mereka akan bekerja nanti setelah menjadi Sarjana Ekonomi.

Sri Murni mengingatkan kepada UMKM yang hadir, agar selalu memperhatikan kebiasaan baru, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, seperti pelaksanaan PKM ini mengikuti protokol kesehatan, salam sehat, tetap semangat.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah hadir dalam pelaksanaan Pengabdian Kemitraan Masyarakat, khusus kepada Lurah Kasawari dan Lurah Winenet Dua, beserta perangkat Kelurahan Kasawari dan kepada para pemateri yang sudah meluangkan waktu menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

Selain Dr. Sri Murni, SE., MSi., sebagai anggota tim pengabdian, juga turut hadir para tim PKM diantaranya Victorina Z. Tirayoh, SE.MM.Ak.CA., dan I Gede Suwetja, SE.MM.Ak.CA.(srv/*)

banner 300x250