Ini Solusi Jitu Maurits-Hengky Atasi Genangan Air Pusat Kota Bitung

IMG-20210818-WA0009

Foto Walikota Ir Maurits Mantiri dan Hengky Honandar serta Kabid SDA PUPR saat berkoordinasi dengan pihak PT Pelindo IV Bitung

Bitung, Sulutreview.com- Pihak Pemerintah Kota Bitung, dibawah pimpinan Walikota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Walikota Hengky Honandar SE langsung melakukan langkah cepat untuk ‘memutar otak’ dalam mencari solusi yang tepat dan terukur terkait memecahkan persoalan genangan air yang terjadi di Pusat Kota Bitung Sulawesi Utara (Sulut) saat hujan mengguyur.

Bacaan Lainnya

Tanda-tanda keseriusan Pemkot Bitung, untuk mencari solusi jitu soal genangan air di Pusat Kota Bitung ini, yang ibarat penyakit kronis ini, terungkap saat Walikota Ir Maurits Mantiri MM datang memantau langsung di lokasi genangan air saat hujan mengguyur di Kota Bitung belum lama ini.

Bahkan disela-sela pemantauanya, dirinya langsung bertindak cepat untuk memanggil pihak PT Pelindo IV dan Kepala Terminal Peti Kemas Bitung (TPB) duduk bersama membahas bagaimana mencari jalan keluar atasi genangan air yang sudah meresahkan warga Bitung akibat setiap hujan turun genangan air tak terelakan terjadi.

Faktanya, dari hasil duduk bersama tersebut, mendapat solusi emas dimana pihak PT Pelindo bersedia untuk membantu pemerintah Kota Bitung untuk merencanakan membangun saluran Outlet Primer sepanjang 200 meter dari Pusat Kota Bitung menuju laut lepas.

Hal ini dibuktikan, saat pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dibawah pimpinan Kepala Dinas I.G.N Rudy Theno ST MT melalui pihak Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR melakukan kunjungan ke Kantor PT Pelindo IV Bitung dan mendapat jawaban manis dari pihak Pelindo bahwa dalam waktu dekat, akan ada pembangunan saluran Outlet Baru sepanjang 200 meter yang diperkirakan akan dibangun dari Pusat Kota Bitung sampai menuju Laut.

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Bitung, Rizal Sompotan ST MM ketika dikonfirmasi, membenarkan bahwa pada Rabu 19 Mei lalu, atas tugas dan arahan dari Walikota melalui Kadis PUPR telah melakukan koordinasi dengan pihak PT Pelindo.

“Memang saya dan tim, telah datang di PT Pelindo. Dan dari hasil pertemuan kami, pihak PT Pelindo, siap untuk membangun saluran Outlet sepanjang 200 meter yang tidak ada aral melintang, pembangunanya akan dimulai pada bulan Mei mendatang,” kata Rizal.

Secara terpisah, Kepala Dinas PUPR Pemkot Bitung, Ir I.G.N Rudy Theno ST MT membenarkan jika PT. Pelindo IV Cabang Bitung bakal ikut ambil bagian dalam mengatasi genangan air di Pusat Kota.

“Keterlibatan PT. Pelindo IV cabang Bitung adalah tindaklanjut hasil pertemuan beberapa waktu lalu antara Wali Kota, Pimpinan PT Pelindo IV dan saya saat meninjau lokasi banjir di area pos IV serta depan Pasar Swalayan MM,” pungkasnya.(zet)

banner 300x250