Rondonuwu: Dukungan Panji Yosua Minut ke JGKWL Tindakan Spontan

0
152
Kepala Staf Panji Yosua Minut Stendy Rondonuwu menyerahkan surat pernyataan dukungan Panji Yosua Minut kepada cabup Joune Ganda.

Airmadidi, Sulutreview.com –
Dukungan Panji Yosua Minut terhadap pasangan calon bupati Joune Ganda dan calon wabup Kevin William Lotulung (JGKWL) disebut sebagai pernyataan spontanitas dari organisasi pelayanan di bawah Pria/Kaum Bapa GMIM tersebut.

Pembacaan surat pernyataan dukungan kepada JGKWL oleh pengurus dan anggota Panji Yosua.

Hal ini disampaikan kepala staf Panji Yosua Minut Stendy Rondonuwu. Menurutnya pertemuan di JGKWL center, Jumat (20/11/2020) merupakan ibadah untuk menyambut HUT ke-17 Minut.

Joune Ganda memasang lilin kue HUT ke-17 Minut. (Foto: istimewa)

“Panji Yosua Minut berkerinduan untuk beribadah bersama. Kebetulan JG tergerak untuk menyediakan tempat yaitu di JGKWL center,” katanya.

Para anggota Panji Yosua berkumpul di JGKWL center.

Selain tidak dipungut biaya, sambung Rondonuwu, lokasi itu juga mampu menampung ratusan bahkan ribuan anggota Panji Yosua tanpa berdesak-desakan. “Saat ibadah, secara spontan tercetus untuk memberi dukungan kepada JGKWL dari Panji Yosua. Masa sih Panji Yosua sudah dipinjami tempat beribadah secara gratis, lalu mendukung paslon lain. Itu kan tidak elok. Lalu tempatnya luas dan terbuka sehingga dapat diatur jarak antarhadirin sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tuturnya.

(Atas dan bawah) Penandatanganan surat dukungan oleh pengurus Panji Yosua tingkat wilayah dan jemaat.

Namun lanjut Rondonuwu, dukungan kepada JGKWL karena keduanya merupakan warga GMIM. “Mereka warga GMIM. Lagipula saya pikir Tuhan menghendaki acara ini (ibadah dan pemberian dukungan, red) karena diberi cuaca yang baik. Juga dihadiri perwakilan Panji Yosua dan P/KB dari 21 wilayah dan 167 jemaat yang ada di Minut,” tandasnya.

Kepala staf Panji Yosua Minut Stendy Rondonuwu dan Komandan Panji Yosua Minut Joppi Lengkong.

Sebelumnya diberitakan, Komandan Panji Yosua Minut Ir. Joppi Lengkong Msi menegaskan kekecewaannya karena undangan ibadah Panji Yosua di JGKWL center dibuat dan disebar tanpa sepengetahuan dirinya. Terlebih Panji Yosua yang merupakan organisasi pelayanan gereja justru dibawa ke politik praktis. “Ini tidak benar. Pertama, kita ada aturan bahwa Panji Yosua tidak boleh mendukung atau berpihak kepada partai politik. Ini malah Panji Yosua diundang ke tempat salah satu paslon. Ini kental sekali politiknya. Ini namanya memecah-belah,” tegas Lengkong.

Joppi Lengkong menanyai Stendy Rondonuwu terkait undangan di JGKWL center usai rapat paripurna HUT ke-17 Minut di DPRD Minut, Jumat (20/11/2020).

Kedua, sambungnya, undangan tersebut menunjukkan tak adanya etika berorganisasi dari pengundang. “Panji Yosua Minut ada komandannya. Tapi ini yang mengundang hanya kepala staf dan ketua-ketua P/KB rayon. Ini menunjukkan tak ada etika berorganisasi. Ini sangat saya sayangkan,” tegas Lengkong lagi.
Ia juga menyinggung banyak pendeta dan pelsus GMIM yang sekarang bertindak sebagai tim sukses di masa pilkada 2020 ini. “Mau hancur GMIM kalau begini. Kenapa gereja yang kita cintai menjadi begini. Saya penatua lama. Jangan karena anak mantu (Kevin Lotulung, red) ketua sinode, lalu jadi begini. Ini sangat tidak benar,” ujar Lengkong dengan suara bergetar.(art)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here