Pengadaan Barang dan Jasa, Pemkab Minahasa Kedepankan Sinergitas

0
43

Tondano, Sulutreview.com – Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, MSi mengikuti  Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tahun 2020 secara virtual Rabu (18/11/2020).

Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tahun 2020 ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto, melaporkan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah, meskipun dalam situasi Covid-19 pelaksanakan Rakornas dapat dilaksanakan secara online dan offline dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

“Perencanaan dan penganggaran diperlukan perhatian khusus oleh pemerintah untuk menetapkan proses pengadaan,” ujarnya.

Rakornas saat ini mengangkat tema Transformasi digital dengan profesionalisme dan sumber daya manusia pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, dalam sambutan menyampaikan pemerintah harus memanage dengan baik antara Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi.

“Dalam situasi saat ini Pemerintah harus menjaga dan memperbaiki agar angka kesembuhan Covid-19 lebih meningkat sampai adanya vaksinasi. Dalam pemulihan ekonomi, peredaran uang harus semakin banyak dimulai dari konsumsi belanja pemerintah. Pengadaan barang dan jasa bukan hanya sekedar akuntabel dan transparan tapi harus memiliki nilai manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat,” ungkap Jokowi.

LKPP harus banyak membuat terobosan dengan memanfaatkan teknologi untuk mendorong permintaan, meningkatkan konsumsi dan produksi sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan akan dikawal dengan hukum yang jelas.

Presiden mengajak kita semua untuk memprioritaskan membeli produk-produk dalam negeri dan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“LKPP diharapkan mengisi produk-produk UMKM dalam e-katalog dimana produk dalam negeri tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri baik dalam sisi produk maupun kualitas,” tambah Jokowi.

Presiden juga mengharapkan untuk Pemerintah Pusat sampai daerah untuk memanfaatkan sisa waktu yang ada hingga 22 Desember 2020 untuk menyerap anggaran semaksimal mungkin.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Provinsi dalam Pengadaan Barang dan Jasa sesuai dengan rencana secara tanggap, cepat, akuntabel, transparant dan sesuai dengan aturan serta tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat” ungkap Bupati.

Rakornas ini diikuti secara virtual oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia. Bupati Minahasa turut didampingi Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa setdakab Minahasa Daudson Rombon, ST.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here