KPU RI Canangkan Gerakan Dukung Perekaman KTP-El di Minahasa Utara

0
213

Airmadidi, Sulutreview.com –
Pasca ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kabupaten Minahasa Utara dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 serta dalam upaya menyempurnakan DPT yang terbuka, akuntabel, dan partisipatif, KPU Minut menggelar Gerakan Dukung Rekam KTP-el Serentak di Kantor Camat Kalawat, Jumat (13/11/2020).
Kegiatan ini dibuka langsung Ketua KPU Minut Stella Runtu dan dihadiri dan dimonitor langsung oleh Anggota KPU RI Viryan Aziz, Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara, Pjs Gubernur Sulut, Kadis Capil Sulut, Forkopimda Minut, Bawaslu Minut, Kadis Capil Minut, dan Komisioner KPU Minut.
“Program Perekaman KTP-el, merupakan kerjasama antara KPU dan Capil untuk mengakomodir Wajib Pilih yang belum melakukan perekaman”, kata Runtu dalam sambutannya.

Pjs. Gubernur Sulut Agus Farthoni memberikan sambutan.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Pjs. Gubernur Sulut Agus Fathoni kemudian Launching Gerakan Dukung Rekam KTP-el dipimpin langsung oleh Anggota KPU RI Viryan Aziz. “Gerakan ini merupakan inisiasi KPU dalam rangka mendukung percepatan perekaman KTP-el bagi wajib pilih di seluruh Indonesia”, ujar Aziz selaku Anggota KPU RI Divisi Data dan Informasi.
Dari keterangannya, di Indonesia jumlah DPT sebanyak 100.359.152 yang tersebar di 298.939 TPS Desa/Kelurahan, 4.242 Kecamatan, 309 kabupaten kota. “Pada data minggu lalu, masih ada 1.754.751 orang yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. Kita berikhtiar, melakukan gerakan masif, terstruktur dan kolaboratif mudah-mudahan bisa dalam posisi nol di tanggal 9 Desember 2020,” harap Aziz.
Selain itu 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara juga melaporkan proses perkembangan perekaman KTP-el di wilayahnya masing-masing secara daring yang dipandu oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara Ardiles Mewoh. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi TPS Sehat Pemilih Selamat kepada Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Ketua Karang Taruna se-Kecamatan Kalawat. Sosialisasi dibuka langsung oleh ketua Divisi Sosparmas KPU Minut Hendra Lumanauw dan langsung dilanjutkan materi pertama oleh Viryan Aziz. Ia menjelaskan bagaimana aturan-aturan menurut PKPU dan apa saja mekanisme yang diatur di TPS nantinya.

Peninjauan proses perekaman KPT-El (atas). Pemberian materi sosialisasi (bawah).

Materi kedua dibawakan Pjs. Bupati Minut Clay Dondokambey yang banyak menjelaskan kepada masyarakat pada saat nantinya datang ke TPS harus dengan Protap Kesehatan Penanganan Covid 19. “Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Namun masih banyak masyarakat yang masih belum sadar dan Paham terhadap pemakaian masker sebagai salah satu cara mengatasi penularan virus ini,” tutur Dondokambey
Sementara Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau yang membawa materi ketiga menekankan ketegasan dari aparat kepolisian untuk memberi efek jera kepada masyarakat yang tidak paham penting pencegahan Covid19 ini.
“Kami selalu bersinergi keras melaksanakan Operasi Yustisi untuk mengatasi para pelanggar yang masih santai dan acuh tentang penggunaan masker ini. Masih banyak yang kami dapatkan di lapangan saat operasi yang tidak menggunakan masker. Sebagai sanksi, mereka disuruh mengucapkan Pancasila dan push up,” tandas kapolres.(art/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here