Wabup Jocke Legi Irup Peringatan Hari Pahlawan di Mitra

0
83
Wakil bupati Mitra Jocke Legi bertindak sebagai Inspektur upacara pada pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan di Mitra

Mitra, SULUTREVIEW – Wakil bupati Minahasa Tenggara (Mitra), Drs Jocke Legi, Inspektur Upacara (Irup) Upacara memperingati ‘Hari Pahlawan’ 10 November 2020, yang digelar Pemkab Mitra) di lapangan Kantor Bupati.

Pelaksanaan upacara ini diikuti oleh jajaran perwakilan setiap instansi di Lingkungan Pemkab Mitra, perwakilan TNI, dan Polri. Pembatasan jumlah peserta upacara ini dilakukan untuk mendukung penerapan Protokol Kesehatan di masa Pandemi COVID-19.

Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlwan, Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur, peringatan kali ini adalah Hari Pahlawan yang ke-75, dengan tema ‘Pahlawan Sepanjang Masa’ yang memiliki makna filosofis, yakni sebuah upaya untuk terus mengenang sepanjang masa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang rela berkorban nyawa mempertahankan kemerdekaan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Wabup Legi dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai penerus bangsa diharuskan untuk lebih menghilhami serta menginspirasi perjuangan yang para pahlawan tunjukkan.

“Para perjuang pahlawan terdahulu adalah mengangkat senjata, sebagai penerus bangsa kita dituntut mengilhami para pahlawan sebagai inspirasi untuk kembali meneruskan perjuangan dalam menumpas permasalahan bangsa.  Karena ada begitu banyak permasalahan bangsa yang harus dihadapi generasi penerus, di antaranya kemiskinan, paham-paham radikal, dan narkoba, termasuk perjuangan lawan Pandemi COVID-19,” ujar Legi.

Ia pun berharap agar Masyarakat dapat turut berpartisipasi, serta dengan berlandaskan semangat dan nilai kepahlawanan, terus menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai kegiatan.  Dan bagi segenap elemen bangsa diharapkan untuk terus mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta membantu sesama yang membutuhkan, sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

“Kita jadikan Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai momen memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan saling menghargai satu sama lain. Isilah kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar,” tukas Wabup Legi. (Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here