BPIP RI Diskusi Kerukunan Umat Beragama di Minut

0
130
Kerukunan umat beragama di Minut mendapat perhatian positif dari BPIP RI.

Airmadidi, Sulutreview.com
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI menggelar diskusi kelompok terpumpun, advokasi moderasi dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang dihelat di aula kantor pemkab lantai 2, Kamis (15/10/2020).
Tim BPIP tersebut terdiri ketua dewan pengarah Romo Antonius Benny Susetyo Pr. sebagai anggota BPIP dan Deputi Hukum Advokasi Pengawasan Hukum BPIP Dr. Ani Purwanti SH M.Hum.

Tokoh-tokoh agama hadir dalam kegiatan tersebut.

Menurut Purwanti, mereka berterima kasih kepada Pemkab Minut atas respon positif kehadiran BPIP di Minut. Diskusi ini tentunya bisa memperkuat kesadaran dan pemahaman, saling menghiormati, bekerja sama, bergotong royong dalam menyelesaikan persoalan dengan rukun dan damai.
Purwanti menjelaskan kehadiran mereka di Minut untuk mendengarkan cara Minahasa Utara menyelesaikan konflik bahkan mengadvokasi persoalan keagamaan di Kabupaten Minahasa Utara. “Jadikanlah Pancasila sebagai ideologi negara, dan dasar negara,” ajak Purwanti.
Sementara Romo Antonius Benny Susetyo Pr. menambahkan, pemerintah daerah punya peran sentral dalam memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat. “Pemimpin itu harus berjiwa Pancasila dan seorang negarawan,” kata pastor lulusan Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana Malang ini.

Pjs. Bupati Clay Dondokambey saat memberi sambutan.

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey SSTP MAP mengatakan, Pemkab Minut menapresiasi BPIP RI Minut yang telah datang dan berdialog dengan pemerintah daerah dan tokoh agama di Minut.
Ditambahkan Dondokambey, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. “Walau nilai-nilai Pancasila belum secara sempurna direalisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, namun harus diakui eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga saat ini berkat Pancasila,” tegas Pjs. Bupati.

Penyerahan cenderamata dari BPIP RI kepada Pjs. Bupati Minut.

Turut hadir dalam diskusi ini para tokoh agama, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau, perwakilan Kodam XIII/Merdeka dan sejumlah pejabat pemkab Minut.(art/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here