Olly-Steven Ungkap Sulut Miliki Daya Saing di Era Revolusi Industri

0
378

Manado, Sulutreview.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai Pacific Gateway of Indonesia, khususnya di era revolusi industri 4.0 (four point zero) saat ini, memiliki daya saing bahkan daya juang di semua aspek bidang.

“Sulawesi Utara di era revolusi industri empat titik nol saat ini telah membuktikan kemampuan daya saing dan daya juang pada hampir semua aspek sehingga kita terus bergerak cepat mencapai target pembangunan sekaligus mencetak prestasi,” kata Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (Olly-Steven).

Menurutnya, eksistensi dan capaian Provinsi Sulut dari perjalanan waktu, sejatinya tidak terlepas dari perjuangan dan kerja keras para leluhur, pejuang terdahulu yang telah merancang dan meletakkan dasar-dasar pembangunan.

“Dr Sam Ratulangi sebagai tokoh multidimensional. Tahun 1937, mengarang buku Indonesia di Pasifik dan menuliskan konsep dasar Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang Indonesia di Pasifik. Jadi, ide tentang geoposisi dan geostrategi sudah dibahas sejak 82 tahun lalu, bersama dengan falsafah Sitou Timou Tumou Tou,” kata Olly.

Lanjut Olly, posisi Sulut di bibir pasifik memberikan akses yang luar biasa sehingga keunggulan komparatif dan kompetitif sudah berada di Sulut.

“Sukses pembangunan Sulut Hebat juga ditopang oleh pendekatan dan strategi kebijakan yang mampu mendorong pengembangan ekonomi wilayah, mengangkat kesejahteraan rakyat serta didukung oleh kebutuhan, perkembangan dan kondisi eksternal negara mitra di kawasan pasifik,” tukasnya.

Keberhasilan yang dicapai sejauh ini, tidak terlepas dari sinergitas yang solid bersama pemerintah pusat dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang sangat menaruh perhatian pada Sulawesi Utara, bahkan menetapkan Sulut sebagai lokasi Super Prioritas pembangunan pariwisata serta sudah merancang begitu banyak proyek-proyek strategis dalam Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024

“Dari kacamata pemerintah pusat, Sulawesi Utara laksana permata merah delima dari timur bercahaya di ujung utara peninsula pulau Sulawesi dengan prestasi dan capaian yang sangat signifikan,” kata Olly.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here