Kandouw : Daerah Tanpa Budaya Ibarat Kapal Tanpa Kompas

0
61
Wakil Gubernur Steven Kandouw memainkan kolintang saat membuka lomba

Manado, Sulutreview.com – HUT Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke-56 yang akan diperingati pada 23 September 2020, diwarnai dengan lomba kolintang dan vokalia.

Kegiatan yang mengangkat dan melestarikan budaya Sulut ini didukung sepenuhnya oleh Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara Indonesia (K2SI).

Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw memberikan apresiasi atas atensi K2SI yang intens memperhatikan adat dan budaya Sulut.

“Acara ini inisiatif murni K2SI, saya memberikan apresiasi, sebab jarang ada organisasi seperti ini. Jauh-jauh dari Surabaya untuk menggelar lomba kolintang dan vocalia. Ini patut dijadikan role model,” ungkap Kandouw di auditorium Mapalus Kantor Gubernur, Kamis (17/9/2020).

Seni dan budaya menurut Kandouw sangat penting, sebab ibarat sebuah kapal tanpa kompas demikian daerah tanpa budaya.

“Orang harus tahu persis akar budayanya. Tanpa budaya sebuah daerah itu ibarat kapal tanpa kompas,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum K2SI, Febe Frida Enoch SH (Poppy) mengatakan bahwa kekayaan Sulut terdapat pada budaya. Karena budaya merupakan jati diri dan ciri khas Sulut sebagai bagian dari ke-Indonesia-an.

“Makanya Sulut harus terus bergerak maju dengan jati diri budaya di tengah digitalisasi dengan kerangka budaya yang jelas,” katanya.

Menggelar lomba, di kala pandemi sebut Poppy, tak menjadi kendala untuk melakukan kreatifitas.

“Meski kita tengah menghadapi ancaman pandemi, tetapi tidak mencegah dan menghalangi kreativitas seni budaya,” tandasnya.

Ketua K2SI Febe Frida Enoch

Partisipasi K2SI bersama Pemprov Sulut, tambahnya adalah untuk memajukan budaya Sulut, di mana kolintang adalah induk kebudayaan Minahasa yang diakui Unesco sebagai aset budaya dunia.

“Kolintang bukan hanya sekedar tontonan tetapi tuntunan yang bernilai filosofi bagi Sulut,” tandasnya.

Turut hadir, Asisten III bidang Administrasi Umum, Asiano Gammy Kawatu dan peserta lomba.

Pembukaan lomba diwarnai oleh atraksi tarian Kabasaran.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here