KPU dan Bawaslu Sulut Tindaklanjuti Validasi Data DPS

0
85
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulut, Dr Herwyn JH Malonda

Manado, Sulutreview.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulut, dapat menghasilkan validasi data akurat.

Karenanya, berbagai elemen data yang belum lengkap dapat ditindaklanjuti melalui validasi data.

“Sangat diharapkan agar elemen data yang belum lengkap dapat segera di tindaklanjuti, melalui validasi data DPS kemudian melakukan verifikasi faktual termasuk mengecek data-data yang belum terkonfirmasi elemen data yang terkait dengan NIK,” ungkap Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulut, Dr Herwyn JH Malonda saat menghadiri rapat pleno terbuka yang diselenggarakan KPU Provinsi Sulut di Four Points Hotel, Selasa (15/9/2020).

Secara substansi, sambungnya, Bawaslu akan memastikan apakah ada pemilih yang memenuhi syarat namun tidak masuk dalam data pemilih. Atau sebaliknya apakah ada pemilih yang tidak memenuhi syarat tetapi masuk dalam data pemilih.

“Yang paling penting KPU dan Bawaslu di semua tingkatan harus saling berkomunikasi dan berkoordinasi. Jangan sampai terkait hal ini ada yang dikesampingkan,” kata Malonda.

Malonda menambahkan tugas Bawaslu adalah membantu tugas KPU.

“KPU menyelenggarakan pemutakhiran data pemilih dan Bawaslu yang akan mengkoreksi apabila ada prosedur dari data yang tidak sesuai,” ungkap Malonda.

Diketahui, dalam rapat pleno masih menyisakan adanya catatan, yang disebabkan oleh batasan waktu. Namun demikian, hasilnya akan ditindaklanjuti kemudian. Berikut berbagai dinamika yang mencuat,  akan menjadi bahan evaluasi KPU maupun Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu.

Diketahui, pada rapat pleno rekapitulasi turut dihadiri KPU dari 15 kabupaten/kota, yang diikuti dengan pembacaan hasil rekapitulasi DPS yang telah dilaksanakan di masing-masing kabupaten/kota.

Menariknya ada dua kabupaten/kota yang belum lengkap elemen data DPS yakni Kabupaten Minahasa dan Kota Kotamobagu.

Akan hal tersebut, Malonda kembali menyampaikan agar elemen data dapat ditindaklanjuti, untuk kemudian dilakukan pemutahiran.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here