Pemkab Minahasa Kucur Bantuan Pelaku UMKM

0
9
Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si saat menyerahkan bantuan

Tondano, Sulutreview.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa meneruskan program kebijakan Presiden RI, Joko Widodo. Hal itu diwujudkan dengan mengucurkan bantuan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si kepada 50 perwakilan UMKM dari total 2.130 penerima di Kabupaten Minahasa.

Acara yang dilakukan di Aula Benteng Moraya tersebut turut dihadiri Kepala BRI Cabang Tondano, Taswin Tajuddin selaku pihak bank penyalur, Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Ir. Wenny Talumewo dan Kepala Dinas Koperasi, Maudy Lontaan,S.Sos.

Bupati Royke Roring menguraikan selama pandemi Covid-19 banyak bantuan yang sudah diberikan kepada rakyat Minahasa lebih khusus yang terdampak baik itu dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulut maupun Pemerintah Kabupaten Minahasa. “Jika dikalkulasi dari semua bantuan itu hampir semua kepala keluarga di Minahasa menerima bantuan pemerintah,” kata Roring.

Bagi pelaku UMKM disalurkan Rp. 2,4 juta langsung di rekening masing-masing, bagi peserta BPJS ketenagakerjaan baik itu honorer guru, THL dan perangkat desa yang kalau di Minahasa iurannya ditanggung Pemkab diberikan Rp. 600 ribu selama empat bulan. Ditambah lagi dengan pekerja dengan keagamaan yang iurannya ditanggung Pemprov Sulut, ada bantuan serupa juga.

Demikian juga dengan BLT dan BST maupun BNPT selain kemarin juga bapak gubernur sudah menyerahkan bantuan beras bagi warga yang terdampak Covid-19 termasuk di Minahasa. Bantuan-bantuan yang sudah diberikan ini hendak menyatakan bahwa pemerintah mulai pusat, Provinsi Sulut dan Kabupaten Minahasa tidak membiarkan rakyatnya yang sedang kesusahan karena pandemi tetapi justru hadir bersama rakyat.

Lanjut bupati, di sini kita juga melihat pentingnya sinergi pemerintah dan saling menopang. “Makanya puji Tuhan kita selalu diperhatikan pemerintah pusat dan provinsi,” tandasnya.

Bupati yang dikenal dekat dengan rakyatnya ini pun berpesan agar bantuan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga UMKM tetap eksis di tengah pandemi. Beliau juga berdoa agar semua UMKM yang diusulkan Dinas Koperasi Minahasa akan lolos verifikasi pemerintah pusat. “Yang terdata di Minahasa 28.263 UMKM tetapi yang baru lolos verifikasi 2.130 mudah-mudahan yang lain juga masih bisa lolos,” jelas mantan birokrat handal Pemprov Sulut ini.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here