Petahana Maju Pilkada, Pemprov Sulut Godok Pengisian Penjabat

0
236
Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, Dr Jemmy Kumendong MSi

Manado, Sulutreview.com – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak yang bakal digelar pada Desember 2020 mendatang, dipastikan akan diikuti oleh majunya sejumlah petahana.

Sesuai perkembangan, diketahui ada tiga petahana yang tersebar di kabupaten/kota yang akan maju dalam pesta demokrasi. Sebut saja, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Kota Bitung.

Praktis dengan kondisi ini,  Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) telah mempersiapkam sejumlah nama-nama pejabat yang bakal diusung untuk mengisi jabatan kepala daerah yang kosong.

Dikatakan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, Dr Jemmy Kumendong MSi, saat ini ada 9 nama yang dipersiapkan dan tengah digodok.

“Ada sembilan nama yang sedang digodok untuk menempati jabatan kepala daerah, yakni Minsel, Bolsel dan Bitung,” ujarnya Kamis (13/8/2020).

Selain ketiga daerah tersebut, Kumendong menyebutkan kemungkinan akan ketambahan Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

“Tetapi itu masih kemungkinan, namun yang pasti, jika ada petahana yang akan maju pilkada, maka Pemprov Sulut sudah menyiapkan nama-nama yang pas untuk ditugaskan mengisi jabatan,” jelas Kumendong kembali.

Untuk standar atau kriteria penjabat yang akan ditugaskan sementara itu, Kumendong mengatakan semua pejabat eselon II setingkat di atas, yang ada di lingkup Pemprov Sulut memiliki kans yang sama.

“Semua pejabat eselon II punya peluang untuk mengisi jabatan sementara di tiga daerah tersebut,” ujarnya sambil menambahkan bahwa tugas sebagai penjabat tidak bakalan mengganggu kinerja yang tengah diemban.

“Para pejabat yang mengisi jabatan di tiga kabupaten/kota nanti, tetap dapat menjalankan tugas dan kewenangannya. Dan itu tidak mengganggu,” ungkap Kumendong.

Pengisisian maupun penunjukkan penjabat, sebut Kumendong, tentunya akan menunggu pihak KPU yang memiliki kewenangan untuk memastikan daerah mana saja yang pemimpinnya akan maju pilkada.

“Ketika maju pilkada, maka petahana akan mengajukan cuti, yang waktunya diperkirakan 71 hari, yakni mulai 26 September sampai 15 Desember 2020,” tandasnya.

Sejumlah nama-nama seperti, Edison Humiang, Meiky Onibala, Lynda Wantania, Bahagia Mokoagow, Christiano Talumepa, Femmy Suluh dan pejabat lainnya memiliki kans untuk ditunjuk sebagai penjabat kepala daerah.

Seperti diketahui, penunjukkan penjabat bupati, dan wali kota telah diatur dalam UU Pilkada. Di mana penjabat yang diangkat harus dari Pemprov Sulut.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here