Cegah Covid-19, Pemkab Minahasa Siap Tegakkan Aturan

0
78

Tondano, Sulutreview.com – Berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 terus dilakukan. Antara lain dengan menerapkan protokol kesehatan.

Namun pada praktiknya, khususnya di masa adaptasi kebiasaan yang baru, masih banyak didapatkan masyarakat yang abai.

Karenanya, perlu dilakukan peningkatan disiplin, yang diikuti dengan penegakan hukum demi cegah Covid-19. Hal itu digencarkan Menko Polhukam, Menteri Dalam Negeri, Menko Perekonomian, Menkominfo dan Panglima TNI yang melakukan pertemuan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom.

Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi turut mengikuti rapat koordinasi khusus dalam rangka membahas pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam pemaparannya Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menjelaskan tentang poin penekanan Inpres nomor 6 Tahun 2020 diantaranya bahwa gubernur, bupati/walikota diminta untuk meningkatkan sosialisasi secara masif.

Terutama dalam penerapan protokol kesehatan, dengan tahapan memberikan masker baik dari pemerintah dan non pemerintah, memakai masker dan mencuci tangan baik menggunakan sabun dan air atau handsanitizer yang berbahan alkohol ataupun klorin, menjaga jarak dalam bentuk kebijakan publik ataupun kesadaran masyarakat, serta menghindari kerumunan.

“Kemudian, menyusun dan menetapkan peraturan yang memuat ketentuan mengenai kewajiban mematuhi protokol kesehatan, perlindungan kesehatan masyarakat serta sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan,” ungkap Karnavian.

Pada kesempatan tersebut juga Mendagri memaparkan langkah-langkah yang harus diambil oleh pemerintah daerah.

Diantaranya, melaksanakan dan meningkatkan sosialisasi secara masif pencegahan dan pengendalian Covid-19, menyusun dan menetapkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta penyusunan dan penetapan Perkada memperhatikan dan disesuaikan dengan kearifan lokal di daerah masing-masing.

Menteri Tito juga mengatakan agar gubernur memberikan pendampingan kepada bupati dan walikota diwilayahnya dalam penyusunan peraturan bupati dan walikota dan melakukan sosialisasi.

“Khusus kepada gubernur agar memberikan pendampingan kepada bupati dan walikota di wilayahnya untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan penyusunan peraturan bupati dan walikota” jelas Tito.

Terkait instruksi yang disampaikan Mendagri dalam video conference tersebut Bupati Royke Roring menyatakan bahwa Pemkab Minahasa siap untuk melaksanakannya sambil tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Selama ini kita sudah mensosialisasikan protokol kesehatan dan akan terus dilaksanakan terlebih soal peningkatan disiplin dan penegakan hukumnya. Semua akan kita siapkan tentu demi terlindunginya kesehatan masyarakat dari Covid-19,” tambahnya.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here