Tim FEB dan LPPM Unsrat Berdayakan Ekonomi IRT Desa Tateli Tiga

0
530

Tateli, Sulutreview.com – Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi (FEB Unsrat) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsrat melaksanakan kegiatan  Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Tateli Tiga Kabupaten Minahasa, Sabtu (08/08/2020).

Kegiatan ini melibatkan para ibu rumah tangga (IRT) yang ada wilayah tersebut.

Meski tengah disibukkan dengan berbagai aktivitas, namun mereka menyempatkan waktu untuk hadir. Bahkan mereka terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sore hari tersebut.

Hukum Tua Desa Tateli Tiga, Stanly Gumalang dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tateli Tiga, Chykozammy Mamoto STh turut hadir dalam kegiatan ini

Sebelumnya, Pdt Dr Meike Mey Mamangkey SH MTh MPd yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini sekaligus telah membuka PKM dengan doa, bahkan menyambut tim pengabdian dengan penuh kasih.

Pada kegiatan ini Dr Jenny Morasa SE MSi Ak CA, mengajak para IRT tetap semangat dalam era adaptasi kebiasaan baru. Di mana potensi ibu-ibu dalam mengurus rumah tangga, bisa dikembangkan untuk membantu keuangan keluarga dengan memberdayakan ketrampilan yang dimiliki. Antara lain dengan membuat kue atau memasak makanan.

“Pada kegiatan PKM ibu-ibu dimotivasi untuk memanfaatkan potensi yang ada, seperti membuat kue panada dan cakalang rica-rica. Selanjutnya menjual kepada ibu-ibu yang lain. Hal ini sangat penting untuk saling membantu di masa pandemi Covid-19 ini. Terlebih ibu-ibu juga diajarkan bagaimana mengatur keuangan keluarga, yang memang sulit di masa pandemi ini,” jelasnya.

Lanjutnya, dampak social ekonomi akibat pandemi, banyak yang kehilangan pendapatan, penurunan daya beli, serta terganggunya aktivitas usaha. Maka diharapkan potensi dari ibu-ibu rumah tangga, untuk berusaha mengatur keuangan keluarga dengan bijaksana.

Salah seorang perwakilan ibu-ibu, Magdalena S Lalenoh, sangat tertarik dengan apa yang disampaikan oleh Dr Jenny Morasa, dan menanyakan tentang bagaimana bisa mempertahankan usaha kecil-kecilan sebagai penjual beras yang berkembang justru di masa pandemi Covid-19.

“Tetap pertahankan kepercayaan yang diberikan kepada ibu Magdalena, dengan memperhatikan bahwa hasil penjualan beras tidak semua adalah menjadi pendapatan namun harus dikembalikan kepada yang memberi modal beras tsb, dengan demikian usaha akan tetap berlanjut,” jawab Dr Morasa.

Sebagai pemateri dalam pengabdian,
Dr Jenny Morasa mengingatkan kepada ibu-ibu yang hadir, agar selalu memperhatikan kebiasaan baru. “Jangan lupa memakai masker, tetap jaga jarak dan rajin mencuci tangan, seperti pelaksanaan PKM ini mengikuti protokol kesehatan, salam sehat, tetap semangat dan tetap berdoa,” tambahnya.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Tateli Tiga Stanly Gumalang sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa khususnya ibu-ibu rumah tangga yang hadir dan berharap desa Tateli Tiga dari 227 desa yang ada di kabupaten Minahasa akan tetap dipilih kembali untuk diadakan kegiatan seperti ini,” katanya.

Kegiatan PKM berjalan dengan penuh keakraban, yang ditutup dengan doa pula oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tateli Tiga, Chykozammy Mamoto, STh.

Kegiatan PKM berjalan dengan penuh keakraban ditutup dengan doa pula oleh ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tateli Tiga ibu Chykozammy Mamoto STh.

Diketahui, kegiatan pengabdian ini juga melibatkan beberapa mahasiswa jurusan akuntansi yang sementara menyusun skripsi, Shania Natassya Manopo, Kintan Victorina Salu, dan Rendy F Himber.

Menurut Shania yang dipercaya sebagai ketua tim mahasiswa, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk mereka akan bekerja nanti setelah menjadi Sarjana Ekonomi.

Di akhir pelaksanaan kegiatan pengabdian yang berjudul PKM ibu-ibu rumah tangga Desa Tateli Tiga Kabupaten Minahasa, ketua tim Sherly Pinatik, SE MSA Ak CA, mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah hadir, termasuk Hukum Tua dan ibu ketua tim penggerak PKK Desa Tateli Tiga,  Gembala yang telah menyiapkan tempat, terutama terima kasih kepada Gembala GPdI Tateli Raya Pdt Dr Robert Youlla Longkutoy, MA MTh MPd yang telah memberikan tempat dilaksanakannya kegiatan ini.(hil/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here