Pemkab Minahasa Wujudkan Akuntabilitas Publik

0
48
Bupati Royke Roring saat mengikuti rapat paripurna via streaming

Tondano, SULUTREVIEW – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si mengikuti rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) dalam rangka persetujuan penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LKPJ) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun anggaran 2019 menjadi Peraturan Daerah, yang diselenggarakan via live streaming, Kamis (2/7/2020).

Di awal sambutannya Bupati Roring mengatakan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya oleh kasih dan anugerah-Nya, sehingga kita dapat dipertemukan dalam keadaan sehat sejahtera untuk mengikuti rapat paripurna tersebut meski dalam situasi dan kondisi yang berbeda karena Pandemi Covid-19, sehingga mewajibkan semua mengikuti protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Dikatakan Bupati Minahasa, bahwa seluruh pembahasan dan pengkajian materi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019, yang tahapan prosesnya mulai dari penyampaian, pemandangan umum fraksi, dilanjutkan dengan rapat komisi, peninjauan lapangan serta pemandangan akhir fraksi yang bermuara pada penetapan Rancangan Peraturan Daerah, telah berjalan sesuai harapan dalam koridor aturan yang berlaku.

Proses ini harus diwujudkan sebagai bagian dari akuntabilitas publik atas kepercayaan dan amanat yang diembankan kepada kita masing-masing.

Pada sisi lain, bahwa berbagai masalah dan hal-hal strategis yang terangkat, secara bersama-sama telah dicermati dan diklarifikasi secara proporsional, demi untuk kepentingan membangun tanah Minahasa, dalam kerangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Minahasa.

“Sehubungan dengan hal tersebut, patutlah kami menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, karena telah menunjukkan pengabdian dan dedikasi tinggi, serta memberikan saran dan koreksi bahkan kritikan konstruktif, yang kami pandang sebagai masukan berharga untuk ditindaklanjuti,” kata Roring.

Hal ini terbukti, bahwa dalam proses pembahasan rancangan peraturan daerah ini, banyak hal yang secara tegas dan proporsional diangkat dan dikaji oleh anggota dewan yang terhormat. “Kami juga memberikan apresiasi kepada segenap anggota dewan yang terhormat yang sudah mengawal alokasi anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Minahasa.

Pemerintah Kabupaten Minahasa juga pada kesempatan ini, memberikan apresiasi dan rasa terima kasih yang tinggi kepada Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gupernur, Bapak Drs. Steven Kandouw, untuk menuntaskan permasalahan eceng gondok pada akhir Tahun 2020. “Ini menunjukkan bahwa sinergitas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa tetap berjalan dengan baik dan harmonis,” terang bupati.

Sehubungan dengan itu, kepada segenap jajaran eksekutif di Kabupaten Minahasa, bupati memintakan agar saat ini dan kedepan dapat bekerja tetap dengan ketulusan dan kejujuran serta hati nurani yang bersih untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Minahasa. “Apalagi di era penuh persaingan dewasa ini, kerja keras dan kerjasama kita sekalian menjadi kebutuhan bahkan tuntutan, sehingga saya merasa perlu menegaskan pentingnya optimalisasi kinerja kita semua, demi terwujudnya Minahasa Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera,” katanya lagi.

Untuk lebih memaksimalkan kinerja pemerintah daerah, sinergitas antara Pemerintah Daerah dan lembaga perwakilan rakyat yang terhormat harus dipertahankan bahkan tingkatkan dengan berorientasi untuk mewujudkan Minahasa yang semakin hebat kedepannya, karena bentangan tugas dan pekerjaan ke depan masih sarat dengan dinamika dan memerlukan kerja keras kita semua.

“Untuk menjadi perhatian kita bersama, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Prodiktif dan Aman covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara. Saya berharap dengan adanya Pergub ini bisa ditindak lanjut dan diterapkan di Kabupaten Minahasa sebagai dasar kita semua memasuki tatanan normal baru dalam menghadapi pandemi yang melanda negeri ini,” tambahnya.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here