Pilhut di Minahasa Ditunda Karena Pandemi dan Pilkada

0
109
Denny Mangala

Tondano, SULUTREVIEW – Pandemi Covid-19 ikut berpengaruh pada pelaksanaan pemilihan hukum tua (pilhut) di Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Ada sejumlah alasan, sehingga Pemkab Minahasa memutuskan kebijakan penundaan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala mengatakan keputusan itu dinilai tepat karena pemerintah tengah fokus melakukan penanganan Covid-19.

Karena terdapat berbagai kendala, maka pemilihan Hukum tua ditunda pelaksanaannya pada tahun 2021 mendatang,” kata Mangala, Selasa (23/06/2020).

Menurut Mangala, penundaan Pilhut di 99 desa di Kabupaten Minahasa, tidak dapat dilaksanakan pada tahun ini. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan anggaran yang telah diarahkan untuk penanggulangan Covid-19.

“Karena anggaran telah dialokasikan untuk penanganan Covid-19, maka Pilhut tidak dapat dilaksanakan sesuai rencana. Apalagi pada tahun ini juga, tepatnya pada Desember 2020 akan dilaksanakan pilkada,” tegasnya.

“Praktis dengan kondisi seperti ini, maka Pilhut kita tunda. Kita tidak bisa melaksanakan kegiatan pemilihan yang harus berbenturan dengan pilkada serentak,” tandasnya.

Terkait penundan Pilhut, maka Pemkab Minahasa berharap semua Pejabat Hukum Tua maupun Pelaksana Tugas (Plt) tetap mengutamakan pemberian pelayanan yang terbaik.

“Seluruh kumtua dengan status Plt maupun pejabat, wajib memberikan pelayanan terbaik. Jangan sampai mengabaikan, karena konsekuensinya akan dievaluasi,” ujar Mangala.

Mangala berharap masyarakat bersabar, dengan tetap menjaga keamanan sehingga Kabupaten Minahasa tetap kondusif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Minahasa Jeffry Tangkulung SH MAP mengatakan bahwa, penundaan yang telah diputuskan pemerintah sudah melewati kajian bersama.

“Penundaan Pilhut telah diputuskan melalui kajian yang matang dengan berbagai pertimbangan. Untuk itu kepada semua hukum tua agar tetap komit dan konsisten dalam menjalankan tanggung jawab dalam mengayomi dan melayani masyarakat,” jelasnya.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here