Kemiskinan dan Pengangguran di Minahasa Turun

0
120

Tondano, SULUTREVIEW

Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) hasil pelaksanaan RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Tahun 2019 dan evaluasi triwulan 1 Tahun 2020 kabupaten/kota se-Sulawesi Utara.

Rakorev yang diselenggarakan lewat video conference tersebut Bupati Minahasa menyampaikan evaluasi program pembangunan daerah Tahun 2019, yang dilihat dari enam indikator makro pembangunan.

Tercatat bahwa angka kemiskinan yang di Tahun 2018 sebesar 7,3 persen berhasil turun menjadi 7,18 persen, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita target Tahun 2019, Rp45,14 juta capaian Rp50,18 juta, naik dibanding Tahun 2018 yang hanya Rp46,62 juta kemudian Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) ditargetkan 6,90 ternyata bisa ditekan menjadi 5,88.

Sementara itu untuk pertumbuhan ekonomi mencapai 5,82 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) walaupun belum mencapai target namun mampu naik menjadi 75,47 dibanding Tahun 2018 yang hanya 74,97, sedangkan inflasi mencapai 3,52.

Bupati Roring juga dalam kesempatan tersebut  menyampaikan kebijakan dan langkah-langkah penanganan Covid-19, diantaranya penyiapan rumah sakit serta ruangan isolasi di rumah sakit dan Puskesmas, kemudian pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) lewat dana desa dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial, serta pemberian Sembako kepada mahasiswa dari luar daerah.

Saat ini pemerintah juga akan mengajukan permohonan izin kepada Menteri Dalam Negeri lewat Dirjen Pembinaan Keuangan Daerah agar Pemkab Minahasa bisa merealokasikan sebagian dari dana kelurahan untuk disisihkan sebagai BLT.

Bupati Roring juga melaporkan untuk pembagian makanan untuk masyarakat sudah dilaksanakan serta pembagian bibit bibit untuk padi ladang karena padi ladang memiliki waktu yang singkat untuk dapat menghasilan beras serta penyiapan Rumah Singgah Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Bupati berterimakasih kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE yang sudah menyiapkan lahan pemakaman bagi korban Covid-19, bupati juga  berterimakasih kepada Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven Kandouw, yang telah meminjamkan bangunan milik pribadi untuk dijadikan rumah singgah.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE, Kapolda Sulut, Irjen. Drs. Royke Lumowa, MM, Pangdam XIII Merdeka, Mayor Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang, S.I.P., M.M., M.Tr.(Han), bupati dan walikota se-Sulawesi Utara.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here